Pengaruh Pengetahuan Produk dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Masyarakat Perdesaan dalam Memilih Bank Muamalat Kcp Curup

Ananda, Fiitri and Andriko, Andriko and Soleha, Soleha (2025) Pengaruh Pengetahuan Produk dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Masyarakat Perdesaan dalam Memilih Bank Muamalat Kcp Curup. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
FITRI ANANDA_21631027_PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN AKSESIBILITAS TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT MEMIL.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Ananda, NIM. 21531027 “Pengaruh Pengetahuan Produk dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Masyarakat Perdesaan Dalam Memilih Bank Muamalat KCP Curup.” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Perkembangan perbankan syariah di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam sepuluh tahun terakhir. Namun masyarakat perdesaan masih menghadapi berbagai macam kendala dalam mengakses layanan perbankan syariah, termasuk keterbatasan pengetahuan akan produk maupun layanan. Tujuan penelitian ini dilakukan yakni untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk dan aksesibilitas terhadap keputusan masyarakat perdesaan dalam memilih Bank Muamalat KCP Curup. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan analisis regresi linear berganda melalui SPSS 26. Sampel dalam penelitian ini melibatkan seluruh populasi yaitu 73 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat perdesaan dalam memilih Bank Muamalat KCP Curup dengan nilai t hitung 5,242 > nilai t tabel 1,667 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Aksesibilitas berpengaruh namun tidak signifikan terhadap keputusan masyarakat perdesaan dalam memilih Bank Muamalat KCP Curup dengan nilai t hitung 1,723 > t tabel 1,667 dan nilai signifikan sebesar 0,89 > 0,05. Secara simultan pengetahuan produk dan aksesibilitas berpengaruh terhadap keputusan masyarakat perdesaan dalam memilih Bank Muamalat KCP Curup dengan nilai f hitung 43,105 > nilai f tabel 3,13 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai determinasi koefisien (R2) dalam penelitian sebesar 0,552, hal ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan produk dan aksesibilitas secara bersama-sama menjelaskan 55, 2 % varians keputusan masyarakat dalam memilih Bank Muamalat KCP Curup dan 44,8 % variasi dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian. Kata Kunci: Pengetahuan Produk, Aksesibilitas, dan Keputusan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ananda, FiitriFitrianandacrp@gmail.com
Andriko, Andrikoandriko@iaincurup.ac.id
Soleha, SolehaSoleha@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:58
Last Modified: 10 Sep 2025 01:58
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9260

Actions (login required)

View Item View Item