Pengaruh Religiusitas Dan Minat Guru Sd It Rabbi Radhiyya Terhadap Keputusan Memilih Tabungan Haji Di Bank Muamalat

Pitria, Pitria and Komala Dewi, Ratih and Silvia, Sineba Arli (2025) Pengaruh Religiusitas Dan Minat Guru Sd It Rabbi Radhiyya Terhadap Keputusan Memilih Tabungan Haji Di Bank Muamalat. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI PITRIA FILE.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Pitria NIM. 21631052 “Pengaruh Religiusitas Dan Minat Guru SD IT Rabbi Radhiyya Terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Haji di Bank Muamalat”. Skripsi. Program Studi Perbankan Syariah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan minat terhadap keputusan guru SD IT Robbi Radhiyyah dalam memilih tabungan haji di Bank Muamalat. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh guru SD IT Robbi Radhiyyah dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan melalui uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, serta koefisien determinasi (R²) dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih tabungan haji, sedangkan variabel minat berpengaruh positif dan signifikan. Secara simultan, religiusitas dan minat berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih tabungan haji dengan nilai Adjusted R² sebesar 20,7%. Hal ini berarti bahwa 20,7% variasi keputusan memilih tabungan haji dapat dijelaskan oleh variabel religiusitas dan minat, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa minat merupakan faktor dominan yang memengaruhi keputusan guru dalam memilih tabungan haji di Bank Muamalat, sedangkan religiusitas tidak menunjukkan pengaruh signifikan secara parsial. Hasil ini dapat menjadi masukan bagi pihak perbankan syariah untuk memperkuat strategi pemasaran produk tabungan haji melalui peningkatan minat nasabah, sekaligus tetap mempertahankan nilai religius sebagai daya tarik produk syariah. Kata Kunci: Religiusitas, Minat, Keputusan Memilih, Tabungan Haji, Bank Muamalat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Pitria, Pitriafitpitria03pit@gmail.com
Komala Dewi, Ratihratihkomala23@gmail.com
Silvia, Sineba Arlisinebaarlisilvia@iaincurup.co.id
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Minat, Keputusan Memilih, Tabungan Haji, Bank Muamalat.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 09 Sep 2025 08:50
Last Modified: 09 Sep 2025 08:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9247

Actions (login required)

View Item View Item