Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) terhadap Kompetensi Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Sd It Ummatan Wahidah

Maulidia, Nadila and Bahri, Syaiful and Febriansyah, Febriansyah (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) terhadap Kompetensi Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Sd It Ummatan Wahidah. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI Nadila Maulidia.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK NADILA MAULIDIA, NIM. 21591141 “ Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Kompetensi Sikap Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SD IT Ummatan Wahidah”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi sikap siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila serta kurangnya pemahaman siswa dalam mengaitkan nilai-nilai karakter dengan materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kompetensi sikap siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dan mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap kompetensi sikap siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SD IT Ummatan Wahidah. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD IT Ummatan Wahidah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket Skala Likert untuk mengukur kompetensi sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kompetensi sikap siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT), Setelah penerapan model VCT, terjadi peningkatan signifikan, di mana sebagian besar siswa menunjukkan sikap yang lebih mencerminkan nilai-nilai Pancasila; 2) Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berpengaruh positif dan efektif dalam meningkatkan kompetensi sikap siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Kata Kunci: Value Clarification Technique (VCT), Kompetensi Sikap, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Maulidia, Nadilanadila.mhs01@iaincurup.ac.id
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Febriansyah, Febriansyahfebriansyah@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:18
Last Modified: 15 Jul 2025 03:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8419

Actions (login required)

View Item View Item