Purnama Sari, Pita and Taqiyuddin, Muhammad and Maryati, Ana (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sman6 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
Fulltextt.pdf - Accepted Version Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Pita Purnama Sari NIM. 21531113 “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 6 Rejang Lebong”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Media pembelajaran berbasis video ini merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penggunaan media pembelajaran berbasis video telah diterapkan di SMAN 6 Rejang Lebong. Adapun masalah yang menjadi dasar dalam penelitian ini yaitu kurangnya motivasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran PAI di SMAN 6 Rejang Lebong, (2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 6 Rejang Lebong, (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 6 Rejang lebong. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi yang diambil pada penelitian ini peserta didik kelas X berjumlah 65 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 65 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakaan adalah analisis statistik deskriftif dan korelasi product moment dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan:(1) kebermanfaatan atau efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 6 Rejang Lebong berada pada kategori sedang dengan presentase 63,08% dengan skor angket tertinggi 79 dan terendah 40, (2) motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 6 Rejang Lebong berada pada kategori Sedang dengan presentase 67,69% dengan skor angket tertinggi 76 dan terendah 48, (3) terdapat pegaruh yang signifikan sebesar 41,47% penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 6 rejang Lebong ditunjukkan dengan nilai rhitung = 0, 644 dan rtabel dengan taraf signifikan 5% adalah 0,244 (0,644 > 0,244) dan tingkat interprestasi koefisien korelasi berada pada tingkat kuat atau tinggi. Kata Kunci: Media pembelajaran berbasis video, motivasi belajar peserta didik
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2025 05:15 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2025 05:15 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |