Fadilah, Fadilah and Indrawari, Karliana and Nopitasari, Tri (2023) Metode pembelajaran tahfidz qur’an 30 juz Di yayasan majelis cahaya qur’an tempel rejo kabupaten rejang lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
SKRIPSI TRI NopitaSari AsLi.docx Download (15MB) |
Abstract
Yayasan Majelis Cahaya Qur’an telah menggunakan beberapa metode pembelajaran Tahfidz sebagaimana mestinya yaitu 30 Juz selama 3 bulan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui : 1) cara para peserta didik bisa berhasil menghapal Al-Quran dalam jangka waktu 3 bulan Di Yayasan Majelis Cahaya Qur’an Tempel Rejo Kabupaten Rejang Lebong, 2) Metode yang di gunakan pada saat Tahfidz Qur’an 30 juz Di Yayasan Majelis Cahaya Qur’an Tempel Rejo Kabupaten Rejang Lebong; 3) kendala penerapan metode dalam pembelajaran Tahfidz quran 30 juz di Tahfidz Di Yayasan Majelis Cahaya Qur’an Tempel Rejo Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini koorinator program karangtina tahfidz , guru dan santri. Teknik-teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan Reduksi Data, Penyajian Data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan 1) Cara para peserta didik bisa berhasil menghapal Al-Quran dalam jangka waktu 3 bulan di Yayasan Majelis Cahaya Qur’an Tempel Rejo Kabupaten Rejang Lebong :niatkan karena Allah, memiliki keteguhan dan kesabanaran istiqomah, menghafal disaat pikiran mereka tenang, melakukan pengulangan ganda, menghafal urutan, menggunakan 1 mushaf saja, terkadang memahami dan terkadang tidak (artinya) . 2) Metode yang digunakan pada saat Tahfidz Qur’an 30 juz Di Yayasan Majelis Cahaya Qur’an Tempel Rejo Kabupaten Rejang Lebong : metode Bin Nazar, al-tahfiz, metode Takrir. metode tasmi’. 3) Kendala penerapan metode dalam pembelajaran Tahfidz quran 30 juz di Tahfidz Di Yayasan Majelis Cahaya Qur’an Tempel Rejo Kabupaten Rejang Lebong.kurang latihan, sebagian kadang-kadang putus asa ada sebagian ayat yang susah untuk dihafalkan, kurangnya konsentrasi dan lain sebagainya mengantuk, tidak fokus dan banyak pikiran serta beberapa ayat yang susah dan menantang. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Tahfidz, Qur’an, dan Yayasan Majelis Cahaya Qur’an
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun6 akun6 | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2024 03:33 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2024 03:33 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5588 |
Actions (login required)
View Item |