riani, widia and Hakim, Ihsan Nul and Susilawati, Susilawati (2023) Faktor –Faktor Rendahnya Kuantitas Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Pada Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur’an Imam Asy-Syafi’i II Desa Babakan Baru Kecamatan Bermani Ulu Raya). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
KESELURUHAN SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
Abstract
FAKTOR – FAKTOR RENDAHNYA KUANTITAS KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN PADA SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur’an Imam Asy-Syafi’i II Desa Babakan Baru Kecamatan Bermani Ulu Raya) Abstrak Dari fenomena yang ada di Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur’an Imam Syafi’i II bahwa kondisis menghafal al-Qur’an sudah menerapkan beberapa metode dalam menghafal yaitu musyafaha, sorongan, berulang- ulang,muraja’ah, talaqqi. Namun pada kenyataanya dengan semua metode yang diterapkan di Pondok Pasentren Tahfidz al-Qur’an Imam Asy - Syafi’i belum mencapai kemampuan belajar hafalan yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahu kondisi kemampuan hafalan al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur’an Imam Asy-Syafi’i, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kemampuan menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur’an Imam Asy-Syafi’i. Peneletian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini yaitu penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif deskriftif. Dengan menggunakan subjek penelitian guru pondok pesantren dan santri, serta sumber data penelitian primer dan sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dengan teknik analis data yakni reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan (Verifikasi) Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan 1. kondisi menghafal al-Qur’an di Pondok Pasentren Imam Asy-Sayafi’i masih rendahnya kuantitas hafalan pada santri dikarekan faktor internal dan eksternal walaupun sudah menggunakan beberapa metode yang di terapkan di Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur’an Imam asy-Syafi’I, tapi belum juga menunjukan hasil yang maksimal dalam menghafal. beberapa metode yang diterapkan yaitu musyafah, sorongan, berulang-ulang, muraja’ah talaqqi 2. faktor penghambat kemampuan menghafal kurangnya konsentrasi saat pelajaran sedang berlangsung dan alokasi waktu yang kurang, faktor pendukung dalam menghafal, yaitu niat yang ikhlas, motivasi, terhindarnya dosa maksiat, lingkungan yang nyaman (dengan lingkungan yang nyaman tanpa bising dapat mempercepat dalam menghafal). Kata kunci: Kemampuan Santri , Menghafal Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 01:50 | ||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2023 01:50 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4395 |
Actions (login required)
View Item |