Pengaruh Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning) terhadap Kemampuan Numerasi Berdasarkan Level Kognitif Akm di SMP Negeri 2 Rejang Lebong

Rahayu, Mita and Syaripah, Syaripah and Latifa Irsal, IRNI (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning) terhadap Kemampuan Numerasi Berdasarkan Level Kognitif Akm di SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAM ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
SKRIPSI MITA RAHAYU .pdf - Accepted Version

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK MITA RAHAYU, (20571006). Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap Kemampuan Numerasi Berdadsarkan Level Kognitif AKM di SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. (2025) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa berdasarkan level kognitif AKM masih tergolong rendah, kesalahan siswa dalam operasi hitung dasar, kesulitan siswa dalam menerapkan konsep, fakta serta alat matematika dalam menafsirkan soal cerita kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CTL, mengetahui kemampuan numerasi berdasarkan level kognitif AKM sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran CTL, serta untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran CTL terhadap kemampuan numerasi berdasarkan level kognitif AKM. Peneliti melakukan penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi-experiment (eksperimen semu) dan Nonequivalent Control Group Design. Peneliti memilih sampel secara acak, siswa kelas VIII H dan VIII J sebagai sampel. Uji yang digunakan Independent Sample T-Test dengan teknik pengumpulan data tes dan observasi. Hasil penelitian yaitu: 1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CTL terhadap kemampuan numerasi berdasarkan level kognitif AKM berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari rata-rata aktivitas guru sebesar 3,83 dan rata-rata aktivitas siswa sebesar 3,98, yang keduanya berada pada kategori baik atau efektif. 2) Analisis deskriptif menunjukkan hasil Pretest kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 52,71 dengan standar deviasi 6,518 dan Posttest kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 82,26 dengan standar deviasi 6,016. Hasil nilai Pretest kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 50,77 dengan standar deviasi 5,760 dan hasil Posttest kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 70,35 dengan standar deviasi 4,758. 3) Hasil analisis inferensial berpengaruh secara signifikan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < α (0,05) maka H_0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CTL terhadap kemampuan numerasi berdasarkan level kognitif AKM. Kata Kunci: Kemampuan Numerasi, AKM (Asessmen Kompetensi Minimum), Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rahayu, Mitamitarahayu60@gmail.com
Syaripah, Syaripahsyana1401@gmail.com
Latifa Irsal, IRNIirni.latifa@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Numerasi, AKM (Asessmen Kompetensi Minimum), Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 16 Dec 2025 08:20
Last Modified: 16 Dec 2025 08:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9515

Actions (login required)

View Item View Item