Gustiana, Ninda and Noprizal, Noprizal and Arli Silvia, Sineba (2025) Analisisi Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keadilan Harga, Dan Kualitas Layanan Islami Terhadap Minat Kunjungan Ulang Di Mountain Valley Kabawetan (Perspektif Ekonomi Syariah). Sarjana thesis, IAIN CURUP.
![]() |
Text
NINDA GUSTIANA (21681028) SKRIPSI EKONOMI SYARIAH (2021) (2).pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
Ninda Gustiana NIM. 21681028 “Analisis Pengaruh Daya Tarik, Wisata, Keadilan Harga, dan Kualitas Layanan Islami Terhadap Minat Kunjungan Ulang di Mountain Valley Kabawetan”. Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah. Minat berkunjung kembali merupakan kecenderungan wisatawan untuk melakukan kunjungan ulang ke suatu destinasi yang dipengaruhi oleh pengalaman, persepsi, serta faktor eksternal dan internal. Pariwisata saat ini tidak hanya menawarkan rekreasi, tetapi juga menjadi bagian dari gaya hidup dan kebutuhan masyarakat. Keunikan daya tarik wisata, kesesuaian harga, serta kualitas layanan yang diberikan mampu membentuk persepsi dan sikap wisatawan dalam menentukan keputusan untuk berkunjung kembali. Penelitian ini untuk melihat bagaimana pengaruh daya tarik wisata, keadilan harga, dan kualitas layanan islami terhadap minat berkunjung kembali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian assosiatif, data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang pernah berkunjung minimal tiga kali ke objek wisata Mountain Valley dengan populasi yang tidak diketahui. Sampel dalam penelitian ini adalah 97 orang diambil berdasarkan pertimbangan praktis dan rujukan tabel untuk populasi yang besar. Instrumen penelitian menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel daya tarik (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali wisatawan, memiliki tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 nilai T-statistik lebih besar dari 1,66. Variabel harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan, memiliki tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 nilai T-statistik lebih besar dari 1,66. Variabel kualitas layanan (X3) berpengaruh positif dan signifikan, memiliki tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 nilai T-statistik lebih besar dari 1,66. Secara simultan, ketiga variabel daya tarik, harga, dan kualitas layanan terbukti signifikan memengaruhi minat berkunjung kembali dengan nilai F-statistik lebih besar 2,70 dan memiliki tingkat signifikansi lebi kecil dari 0,05. Kata Kunci: Daya, Tarik, Harga, Layanan, Minat
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2025 06:50 | ||||||||
Last Modified: | 30 Sep 2025 06:50 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |