Analisis Nilai-Nilai Moral Pada Buku Pendidikan Pancasila Kelas IV SD/MI Kurikulum Merdeka

Paquita Wijaya, Tere and Wanto, Deri and Maharani, Mega Silvi (2025) Analisis Nilai-Nilai Moral Pada Buku Pendidikan Pancasila Kelas IV SD/MI Kurikulum Merdeka. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Tere Paquita Wijaya Full Text.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Tere Paquita Wijaya, NIM. 21591209 menulis skripsi berjudul “Analisis Nilai- Nilai Moral Pada Buku Pendidikan Pancasila Kelas IV SD/MI Kurikulum Merdeka”, dalam Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatar belakangi berbagai permasalahan pendidikan mengenai moral dalam dunia pendidikan khususnya pada pembentukan nilai-nilai moral. Nilai-nilai moral mulai memudar terutama di kalangan peserta didik, dapat dilihat dari banyak terjadinya penyimpangan soaial, budaya, dan agama. Oleh sebab itu untuk menangani permasalahan tersebut dibutuhkan penanaman nilai- nilai moral pada peserta didik melalalui nilai-nilai moral yang terkandung dalam buku Pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui hasil identifikasi nilai-nilai moral yang terkandung dalam buku Pendidikan Pancasila kelas IV SD/MI Kurikulum Merdeka. 2) Untuk mengetahui analisis nilai-nilai moral yang terkandung dalam buku Pendidikan Pancasila kelas IV SD/MI Kurikulum Merdeka. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, yakni dengan mengumpulkan berbagai dokumen yang yang berkaitan dengan penelitian seperti, catatan, buku- buku akademis, jurnal, artikel ilmiah dan lain sebagainya. Dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan oleh peneliti pada buku Pendidikan Pancasila kelas IV SD/MI Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat 4 jenis nilai-nilai moral yang terkandung dalam buku, yaitu nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan, nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri, nilai moral hubungan manusia dengan sesama manusia, dan nilai moral hubungan manusia dengan lingkungan alam. 2) Terdapat materi yang mengandung nilai moral yang dinyatakan layak ditinjau berdasarkan kelayak isi buku. Buku siswa ini tidak hanya berperansebagai panduan kegiatan pembelajaran yang diikuti oleh peserta didik dan guru, tetapi juga sebagai sumber pembelajaran yang dapat memperkuat nilai-nilai moral siswa di lingkungan sekolah. Kata Kunci: Nilai-Nilai Moral, Buku Pendidikan Pancasila kelas IV

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Paquita Wijaya, TerePaquitatere822@gmail.com
Wanto, Derideriwanto@iaincurup.ac.id
Maharani, Mega Silvimegaselvimaharani@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 30 Oct 2025 02:47
Last Modified: 30 Oct 2025 02:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9448

Actions (login required)

View Item View Item