Putri, Putri and Dewi, Ratih Komala and Silvia, Sineba Arli (2025) Pengaruh Perilaku Fear Of Missing Out (Fomo) dan Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Daviena Skincare Palembang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
|
Text
Skprsi After sidang Chitra Kartika Putrri13.pdf Download (4MB) |
Abstract
Fenomena perkembangan teknologi dan media sosial yang semakin pesat memberikan pengaruh besar terhadap perilaku konsumen, khususnya generasi muda dalam keputusan pembelian produk kecantikan. Fenomena Fear of Missing Out (fomo) dan promosi melalui aplikasi TikTok menjadi faktor yang memengaruhi pembelian produk Daviena Skincare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fomo dan aplikasi tiktok terhadap keputusan pembelian Daviena Skincare Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan analisis regresi linier berganda melalui program SPSS versi 22. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswi aktif Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Curup angkatan 2021–2024 pengguna Daviena Skincare sebanyak 63 orang yang dijadikan sampel dengan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel fomo tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Daviena Skincare dengan nilai t hitung 0,902 < t tabel 1,999 dan nilai signifikansi 0,371 > 0,05, sedangkan variabel aplikasi tiktok berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 5,214 > t tabel 1,999 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan, fomo dan aplikasi tiktok berpengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung 37,512 > F tabel 3,15 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,455 menunjukkan bahwa variabel fomo dan aplikasi TikTok secara bersama-sama mampu menjelaskan 45,4% keputusan pembelian Daviena Skincare, sedangkan 54,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Kata kunci: Fear of Missing Out, TikTok, keputusan pembelian, perilaku konsumen, Daviena Skincare
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | ear of Missing Out, TikTok, keputusan pembelian, perilaku konsumen, Daviena Skincare | ||||||||
| Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
| Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
| Date Deposited: | 17 Sep 2025 04:04 | ||||||||
| Last Modified: | 17 Sep 2025 04:04 | ||||||||
| URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9445 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
