Pengaruh Kesadaran Halal dan Religiusitas terhadap Perilaku Konsumen Mahasiswa dalam Berbelanja di Shopee

Ramadhani Wijaya, Muhammad and Arifin, Rahman and Arli Silvia, Sineba (2025) Pengaruh Kesadaran Halal dan Religiusitas terhadap Perilaku Konsumen Mahasiswa dalam Berbelanja di Shopee. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
MUHAMMAD RAMADHANI WIJAYA FullText.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Ramadhani Wijaya NIM. 21681026 “Pengaruh Kesadaran Halal Dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumen Mahasiswa Dalam Berbelanja Di Shopee” Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola konsumsi masyarakat, termasuk dalam aktivitas belanja online. Salah satu inovasi dalam e-commerce adalah hadirnya seperti Shopee, yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen Muslim terhadap produk yang sesuai syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal dan religiusitas terhadap perilaku konsumen mahasiswa Ekonomi Syariah dalam berbelanja online khususnya Shopee. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory research dengan data primer melalui kuesioner yang dibagikan secara online kepada responden. Sampel penelitian mengunakan rumus slovin berjumlah 50 responden yang merupakan mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Curup. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi dengan bantuan aplikasi SPSS 22. Berdasarkan hasil analisis t-test, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.359 > 0.05 dan nilai t-hitung sebesar 0,926 < 1,676, hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari pengaruh kesadaran halal terhadap perilaku konsumen mahasiwa dalam berbelanja di shopee. Berdasarkan hasil t-test, nilai signifikansi sebesar 0.004 dan t-hitung sebesar 3,008 > 1,676. Ini menunjukkan bahwa religiusitas memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap perilaku konsumen mahasiwa dalam berbelanja di shopee. Berdasarkan hasil Uji F, dapat Nilai F-hitung sebesar 10,948 > 3,195 serta nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa secara simultan, variabel independen kesadaran halal dan religiusitas berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen perilaku konsumen mahasiwa dalam berbelanja di shopee. Kata Kunci : Kesadaran Halal, Religiusitas, Perilaku Konsumen, Shopee.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ramadhani Wijaya, Muhammadnvlwijaya1945@gmail.com
Arifin, Rahmanrahmanarifin060606@gmail.com
Arli Silvia, Sinebanneeba@iaincurup.ac.id
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 15 Sep 2025 04:38
Last Modified: 15 Sep 2025 04:38
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9438

Actions (login required)

View Item View Item