Fatriazi, Elmiza and Ilhamiwati, Mega and Silvia, Sineba Arli (2025) Pengaruh Review Produk Sunscreen Glad2glow terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal pada Mahasantriwati Mahad Al Jami’ah Iain Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Elmiza Fulltext.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Elmiza Fatriazi NIM. 21681017 “Pengaruh Review Produk Sunscreen Glad2Glow Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal Pada Mahasantriwati Mahad Al-Jamiah IAIN Curup.” Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah (ES). Review produk merupakan bentuk ulasan atau penilaian konsumen terhadap suatu produk yang disampaikan melalui media digital, dan berperan penting dalam membentuk persepsi serta memengaruhi keputusan pembelian. Namun, dalam praktiknya, tidak semua review bersifat jujur dan objektif. Fenomena overclaim pada produk kosmetik, seperti kasus sunscreen Glad2Glow, menimbulkan keresahan di kalangan konsumen karena banyaknya ulasan di media sosial yang saling bertentangan. Hal ini memunculkan pertanyaan sejauh mana review produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian, khususnya pada konsumen Muslimah yang memiliki preferensi berbasis nilai dan etika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh review produk sunscreen Glad2Glow terhadap keputusan pembelian kosmetik halal pada mahasantriwati Mahad Al- Jami’ah IAIN Curup. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasantriwati Mahad Al-Jami’ah IAIN Curup angkatan 2021-2024 sebanyak 321 dengan jumlah sampel sebanyak 77 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan analisis data dilakukan dengan uji regresi linier sederhana menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa review produk (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 13,447 > t-tabel 1,666 dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, yang menunjukkan bahwa variabel review produk memiliki pengaruh yang signifikan. Selain itu, hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R² sebesar 0,707, yang berarti 70,7% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh review produk, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Koefisien regresi yang positif menunjukkan bahwa semakin baik review yang diterima, maka semakin tinggi kecenderungan mahasantriwati untuk membeli produk sunscreen Glad2Glow. Kata Kunci: Review Produk, Keputusan Pembelian, Kosmetik Halal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2025 03:20 | ||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2025 03:20 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9394 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |