Strategi Guru Akidah Akhlak Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa MTs Nurul Kamal Desa Sambirejo

Lufti Hidayat, Elvin and Nelson, Nelson and Siswanto, Siswanto (2025) Strategi Guru Akidah Akhlak Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa MTs Nurul Kamal Desa Sambirejo. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Elvin Lufti Hidayat Full Text.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA SISWA MTs NURUL KAMAL DESA SAMBIREJO Oleh Elvin lufti hidayat Penelitian ini mengkaji strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai karakter tanggung jawab pada siswa di MTs Nurul Kamal Desa Sambirejo, dengan fokus khusus pada integrasi nilai tersebut dalam materi Akidah Akhlak. Pemahaman akan pentingnya tanggung jawab sebagai bagian integral dari akhlakul karimah menjadi dasar penelitian ini. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan untuk menggali informasi secara mendalam dan komprehensif. Pendekatan kualitatif memungkinkan peneliti memahami perspektif guru dan siswa, serta konteks sosial di mana strategi penanaman nilai diterapkan. Sementara itu, metode deskriptif bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis praktik-praktik yang ada. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif di kelas, wawancara mendalam dengan guru PAI dan perwakilan siswa, serta analisis dokumen seperti foto. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan validitas data dipastikan melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI secara aktif mengintegrasikan nilai tanggung jawab ke dalam materi Akidah Akhlak melalui berbagai cara. Ini meliputi: (1) Penjelasan konsep tanggung jawab dalam konteks keimanan dan ibadah (misalnya, tanggung jawab kepada Allah, diri sendiri, dan sesama); (2) Kajian kisah-kisah teladan dari para nabi, sahabat, atau tokoh Islam lainnya yang menunjukkan perilaku bertanggung jawab; (3) Diskusi dan refleksi tentang implikasi nilai tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari; dan (4) Pemberian tugas aplikatif yang mendorong siswa untuk mempraktikkan tanggung jawab, baik dalam konteks personal maupun sosial. Strategi lain yang mendukung adalah pembiasaan, keteladanan guru, dan pembinaan. Meskipun terdapat tantangan dalam penerapannya, integrasi nilai tanggung jawab dalam materi Akidah Akhlak terbukti efektif dalam membentuk kesadaran dan perilaku siswa yang lebih bertanggung jawab. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana materi Akidah Akhlak dapat menjadi media yang kuat dalam penanaman nilai karakter esensial. Kata Kunci: Guru PAI, Akidah Akhlak, Nilai Karakter Tanggung Jawab, MTs Nurul Kamal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lufti Hidayat, Elvinhidayatlere3021@gmail.com
Nelson, Nelsonnelsoncurup@gmail.com
Siswanto, Siswantosiswanto@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:26
Last Modified: 15 Sep 2025 03:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9356

Actions (login required)

View Item View Item