Sari, Zahra Yulanda and Botifar, Maria and Putri, Rizki Yunita (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Gillingham Terhadap Kemampuan Membaca Awal Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SDN 88 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
![]() |
Text
Zahra Fulltext.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca awal siswa kelas 1 yang masih tergolong sedang sebelum diberikan perlakuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kemampuan membaca awal siswa sebelum dan sesudah diajar menggunakan metode Gillingham; (2) Menganalisis pengaruh penerapan metode Gillingham terhadap kemampuan membaca awal siswa; dan (3) Mengetahui perbedaan tingkat kemampuan membaca awal siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan metode Gillingham di SD Negeri 88 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design, dengan subjek penelitian sebanyak 27 siswa kelas 1 SD Negeri 88 Rejang Lebong. Instrumen penelitian berupa tes membaca awal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukarannya. Data dianalisis menggunakan uji deskriptif, uji normalitas, dan uji hipotesis dengan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca awal siswa sebelum perlakuan berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 53,15, kemudian meningkat signifikan menjadi 83,56 setelah perlakuan dengan kategori baik hingga sangat baik; (2) Penerapan metode Gillingham berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca awal siswa, dengan hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05; dan (3) Seluruh siswa mengalami peningkatan kemampuan membaca awal, dengan tidak ada lagi siswa yang berada pada kategori rendah setelah pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa metode Gillingham efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca awal siswa kelas 1, sehingga dapat dijadikan salah satu alternatif strategi pembelajaran membaca permulaan di sekolah dasar. Kata Kunci: Metode Gillingham, Membaca Awal, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2025 07:47 | ||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2025 07:47 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |