Marlina, Cintya Dwi and Zulaiha, Siti and Ningtyas, Amanah Rahma (2025) Pengaruh Model Polya Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri 112 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
![]() |
Text
CINTYA DWI MARLINA .pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil belajar Matematika yang masih tergolong rendah. Berdasarkan data ulangan harian, banyak siswa yang nilainya masih dibawah KKTP. Ketika dalam proses pembelajaran dengan metode diskusi kelompok pun, hanya beberapa siswa yang aktif, sedangkan sebagian besar lainnya lebih banyak diam atau berbicara diluar materi pembelajaran. Akibatnya, siswa kesulitan memahami konsep matematika dan kurang mampu menyelesaikan soal-soal yang menuntut pemikiran logis dan pemecahan masalah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa dengan Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang diberikan perlakuan dan tidak diberikan perlakuan dengan Model polya di SD Negeri 112 Rejang Lebong. 2). Untuk mengetahui pengaruh Model polya terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 112 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan eksperimen dengan menggunakan desain quasi eksperimen control grup pretest-posttest design. Pengambilan sampel yang digunakan dalam tenik sampling jenuh karena jumlah populasi < 100. Sampel peneliti yang digunakan adalah kelas V-A sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini mengunakan teknik dalam pengumpulan data yang digunakan berupa tes, serta menggunakan teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang menggunakan data posttest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1). terdapat perbedaan hasil belajar dengan nilai pretest kelas eksperimen sebesar76 dengan rata-rata sebesar 61 dan pretest kelas kontrol sebesar 72 dengan rata-rata 57. Sedangkan untuk posttest kelas eksperimen sebesar 88 dengan nilai rata-rata sebesar 79 dan posttest kelas kontrol sebesar 88 dengan nilai rata-rata sebesar 74. Berdasarkan hasil data pretest dan posttest dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. 2). Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai Asymp sig.(2-tailed) sebesar 0,045<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa perlakuan yang diberikan berpengaruh secara signifikan Model Polya terhadap hasil belajar siswa pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan kelas V SD Negeri 112 Rejang Lebong. Kata Kunci : Model Pembelajaran Polya, Hasil Belajar,Matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Polya, Hasil Belajar,Matematika | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2025 03:40 | ||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2025 03:40 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9347 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |