Anggraini, Feni and Nasution, Aida Rahmi and Putra, Muksal Mina (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 104 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
PGMI FENI ANGGRAINI (21591074)(1).pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki peserta didik. Namun, pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 104 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data berupa Tes dalam bentuk uraian, serta dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest adalah 59,7. setelah menggunakan model Process Oriented Guided Inquiry Learning rata-rata skor posttest meningkat menjadi 77,7, ini membuktikan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal tersebut menunjukkan bahwa menggunakan model Process Oriented Guided Inquiry Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 104 Rejang Lebong, berdasarkan hasil uji hipotesis paired sampel t test, diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis peserta didik, yang artinya ada pengaruh model (variabel X) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik (variabel Y) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 104 Rejang Lebong
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun6 akun6 | ||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2025 02:12 | ||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2025 02:12 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |