Srindang Bulan, Dela and Kurniawan, Kurniawan and Latifa Irsal, IRNI (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Treasure Hunt terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar Negeri. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
DELA SRINDANG BULAN .pdf - Accepted Version Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Dela Srindang Bulan, NIM. 21591043 “Pengaruh Metode Pembelajaran Treasure Hunt Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar Negeri” pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Metode Treasure Hunt merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif yang menggabungkan unsur permainan, kolaborasi, dan pemecahan masalah untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan Metode Pembelajaran Treasure Hunt pada mata pelajaran Matematika. 2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan Metode Pembelajaran Treasure Hunt pada mata pelajaran Matematika. 3) Untuk mengetahui Pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan Metode Pembelajaran Treasure Hunt pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Metode quasi experiment dan desain Nonequivalent Control Group Desain . Subjek penelitian adalah siswa kelas V, yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan metode Treasure Hunt dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan meliputi lembar tes matematika serta lembar observasi guru dan siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Uji kemampuan awal, Uji T-Test serta Uji N-Gain) untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan berpikir kritis siswa sebelum penerapan Metode Treasure Hunt masih tergolong rendah hingga sedang. Hal ini terlihat dari hasil pretest pada kelas eksperimen yang memperoleh rata-rata 61,82 dan kelas kontrol sebesar 60,71. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan Metode Treasure Hunt mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil posttest kelas eksperimen yang meningkat menjadi rata-rata 85,00, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai rata-rata 73,62. 3) Metode pembelajaran Treasure Hunt berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil uji t menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, analisis N-Gain memperlihatkan peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 58,33 (kategori sedang), sedangkan kelas kontrol hanya 28,35 (kategori rendah). Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa metode Treasure Hunt efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Kata kunci: Treasure Hunt, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2025 03:50 | ||||||||
Last Modified: | 11 Sep 2025 03:50 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9340 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |