Agustini, Niken and Amrillah, H.M Taufik and Hartati, Meri (2025) Peran Guru dalam Mengembangkan Emosi Positif Anak Usia Dini di Ra Baitul Makmur Curup. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
REVISI SIDANG FIX YOOOO.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN EMOSI ANAK USIA DINI DI RA BAITUL MAKMUR CURUP ABSTRAK Perkembangan emosi anak usia dini merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan anak, karena berkaitan erat dengan kesiapan mereka dalam berinteraksi sosial, belajar, serta membentuk kepribadian. Lingkungan sekolah, khususnya keberadaan guru sebagai figur utama, memainkan peran strategis dalam membentuk dan mengarahkan emosi anak secara positif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan emosi anak usia dini di RA Baitul Makmur Curup. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi, serta dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi emosi anak di RA Baitul Makmur Curup sangat beragam dan dinamis, mulai dari ceria dan aktif hingga pemalu, mudah menangis, atau mudah marah. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal seperti latar belakang keluarga, pola asuh, dan interaksi sosial. Guru menjalankan peran aktif dalam pengembangan emosi anak melalui tiga peran utama, yaitu: (1) sebagai model, dengan menunjukkan perilaku positif yang dapat ditiru oleh anak; (2) sebagai motivator, dengan memberikan pujian, afirmasi positif, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan; dan (3) sebagai evaluator, dengan melakukan observasi harian, mencatat kondisi emosi anak, serta menyesuaikan metode pembelajaran berdasarkan hasil pengamatan. Peran ini terbukti mampu membantu anak mengenali, mengekspresikan, dan mengelola emosinya secara positif. Temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menekankan pentingnya keterlibatan aktif guru dalam mendampingi perkembangan emosi anak usia dini. Kata kunci: peran guru, emosi anak usia dini, pendidikan anak usia dini, pendekatan kualitatif
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2025 03:55 | ||||||||
Last Modified: | 11 Sep 2025 03:55 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9339 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |