Analisis Tingkat Pеманаman Mahasiswa terhadap Kurikulum Merdeka Sekolah dasar Di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Curup

Mariana, Eta and Gunawan, Guntur and Meldina, Tika (2025) Analisis Tingkat Pеманаman Mahasiswa terhadap Kurikulum Merdeka Sekolah dasar Di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Curup. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
CETAK KASET ETA SCAN CS.pdf - Accepted Version

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK ETA MARIANA 21591068 “Analisis Tingkat Pemahan Mahasiswa terhadap Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup, skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup Penelitian ini dilatarbelakangi oleh posisi strategis mahasiswa calon guru, khususnya pada program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang memiliki posisi strategis dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Mereka adalah calon pendidik yang kelak akan berhadapan langsung dengan penerapan kurikulum di sekolah dasar. Oleh sebab itu, pemahaman mahasiswa terhadap Kurikulum Merdeka menjadi kunci penting untuk memastikan kelancaran implementasi kurikulum ini di masa depan. Penelitian-penelitian terbaru menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa terhadap Kurikulum Merdeka masih belum merata. penilitian ini bertujuan untuk :1) Untuk mengukur tingkat pemahaman mahasiswa terhadap Kurikulum Merdeka sekolah dasar di Program Studi PGMI IAIN Curup pada aspek pengatahuan konsep Kurikulum Merdeka. 2) Untuk mengukur tingkat pemahaman mahasiswa terhadap Kurikulum Merdeka sekolah dasar di Program Studi PGMI IAIN Curup pada aspek perencanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka. 3) Untuk mengukur tingkat pemahaman mahasiswa terhadap Kurikulum Merdeka sekolah dasar di Program Studi PGMI IAIN Curup pada aspek evaluasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi PGMI IAIN Curup, khususnya yang berada pada semester ke-6. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi, menggunakan instrumen skala Likert. Analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata, median, modus, simpangan baku (SD), dan tingkat pencapaian responden (TCR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman mahasiswa terhadap konsep dasar Kurikulum Merdeka dikategorikan baik, dengan Tingkat Pencapaian Responden (TCR) mencapai 75,9%. 2) Tingkat pemahaman mahasiswa terhadap perencanaan Kurikulum Merdeka juga termasuk dalam kategori baik, dengan TCR sebesar 72,21%. 3) Pemahaman mahasiswa terhadap evaluasi pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka termasuk dalam kategori baik, dengan rata-rata TCR melebihi 70%. Kata Kunci: Pemahaman, Kurikulum Merdek

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mariana, Etaetamariana163@gmail.com
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 11 Sep 2025 04:30
Last Modified: 11 Sep 2025 04:30
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9334

Actions (login required)

View Item View Item