Pengaruh Tiktok Affiliate terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa

Ferdinand, Rio and Andriko, Andriko and Fitmawati, Fitmawati (2025) Pengaruh Tiktok Affiliate terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Rio Ferdinand Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rio Ferdinand NIM. 20681047 “Pengaruh TikTok Affiliate Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa”. Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah 2025. Seiring dengan perkembangan zaman, perubahan signifikan terjadi di berbagai aspek kehidupan, terutama dalam teknologi dan informasi. Pesatnya perkembangan media sosial, khususnya tiktok yang tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi tetapi juga sebagai sarana promosi produk dan jasa serta mempengaruhi perilaku konsumsi. Internet kini berfungsi sebagai akses informasi yang memudahkan manusia memenuhi kebutuhan mereka dengan cepat dan mudah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sumber data primer berupa kuesioner, populasi sebanyak 1115 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Curup Angkatan Tahun 2023. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 orang diambil menggunakan rumus slovin dengan derajat kepercayaan 10%, intrumen penelitian dihitung menggunakan SPSS. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada variabel tiktok affiliate (X) perilaku konsumsi (Y) mahasiwa pada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup 2023. Dengan nilai t-hitung sebesar 25,600 > t-tabel 1,29 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 maka hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan variabel tiktok affiliate memiliki pengaruh positif terhadap perilaku konsumsi pada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup Angkatan 2023. Berdasarkan hasil analisis regresi, diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,870. Hal ini menunjukkan bahwa variabel TikTok Affiliate memiliki kontribusi sebesar 87 % dalam memengaruhi perilaku konsumsi mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup Angkatan 2023. Berdasarkan nilai R Square maka dapat disimpulkan bahwa 87 % perubahan perilaku konsumsi mahasiswa dapat dijelaskan oleh aktivitas TikTok affiliate, sedangkan sisanya sebesar 13 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Nilai ini menunjukkan bahwa pengaruh TikTok affiliate terhadap perilaku konsumsi tergolong cukup kuat dan signifikan, meskipun tidak sepenuhnya dominan. Kata kunci: TikTok Affiliate, Perilaku Konsumsi, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ferdinand, Rioriioferdiinand24@gmail.com
Andriko, Andrikoandriko@iaincurup.ac.id
Fitmawati, Fitmawatifitmawati@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:12
Last Modified: 11 Sep 2025 03:12
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9332

Actions (login required)

View Item View Item