Pengaruh Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan Ayii Boutique Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Moderating

Pathiya, Nurul and Andriko, Andriko and Arli Silvia, Sineba (2025) Pengaruh Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan Ayii Boutique Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Moderating. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Nurul Pathiya Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Pathiya NIM. 20681037 “Pengaruh Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Ayii Boutique Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Moderating.” Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menjaga loyalitas pelanggan dalam bisnis fashion lokal seperti Ayii Boutique di Curup Tengah, Rejang Lebong. Meskipun telah memiliki produk yang berkualitas dan pelayanan yang ramah, diperlukan pemahaman lebih lanjut tentang pengaruh kualitas produk dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan, serta peran kualitas pelayanan sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kausal korelasional. Sampel sebanyak 34 responden diperoleh melalui kriteria tertentu dari populasi konsumen Ayii Boutique tahun 2013–2024 yang berjumlah 1.980 orang. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (X1) kualitas produk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan nilai T- statistic sebesar 1.205 (lebih kecil dari T-tabel 1.96) dan P-value sebesar 0.228 (lebih besar dari 0.05). (X2) Kepuasan konsumen juga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan T-statistic sebesar 0.314 dan P-value sebesar 0.754. Sebaliknya, (Z) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan T-statistic sebesar 6.960 dan P-value sebesar 0.000. Dan (Z*X1→Y) kualitas pelayanan tidak memoderasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan, dengan T- statistic sebesar 1.018 dan P-value sebesar 0.309. Begitu pula (Z*X2→Y), kualitas pelayanan tidak memoderasi pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan, dengan T-statistic sebesar 1.354 dan P-value sebesar 0.176. Kata Kunci: Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Variabel Moderating

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Pathiya, Nurulnurulpathiya20@gmail.com
Andriko, Andrikoandriko@iaincurup.ac.id
Arli Silvia, Sinebasinebaarlisilvia@iaincurup.co.id
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:30
Last Modified: 11 Sep 2025 03:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9319

Actions (login required)

View Item View Item