Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Sekolah Penggerak di SD Negeri 114 Rejang Lebong

Arya, Alpajri and Nuzuar, Nuzuar and Idris, Muhammad (2025) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Sekolah Penggerak di SD Negeri 114 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Arya Alfajri Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ARYA ALPAJRI, NIM. 21561009, “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Sekolah Penggerak di SD Negeri 114 Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Curup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasi kurikulum merdeka belajar pada sekolah penggerak di SD Negeri 114 Rejang Lebong, diantara nya :1). Mengetahui bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada SD N 114 Rejang Lebong. 2).Mengetahui bagaimana Implementasi kurikulum Merdeka Belajar yang di implementasikan kepala sekolah pada SDN 114 Rejang Lebong 3). Mengetahui faktor- faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada SD Negeri 114 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, serta dokumentasi terkait implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD Negeri 114 Rejang Lebong. Hasil penelitian ini yang pertama menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah di SDN 114 Rejang Lebong dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar menggunakan proses perencanaan), meliputi proses pengadaan pelatihan dan bimbingan kepada para guru terkait kurikulum merdeka, pembentukan Tim serta mengadakan kolaborasi dengan masyarakat. Pengorganisasian), meliputi pembentukan tim kerja yang melibatkan kepala sekolah, guru-guru, orang tua dan siswa. Pelaksanaan), dalam pelaksanaannya meliputi pengembangan pembelajaran berdiferensi, projek P5 serta asesmen, serta kolaborasi. Evaluasi), evaluasi dalam implementasi kurikulum merdeka disini juga meliputi banyak sekali sumber daya yang menjadi salah satu faktor keberhasilan kepala sekolah dalam penerapannya. yang kedua Kepemimpinan kepala sekolah pada SD Negeri 114 Rejang Lebong menggunakan tipe kepemimpinan yang transformasional dan demokratis sehingga bawahannya dapat bekerja sama dengan baik, yang ketiga Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada SDN 114 Rejang Lebong memiliki faktor pendukung di antarnya adanya komitmen guru dan siswa, kreativitas guru dalam mengembangkan pembelajaran, serta lingkungan yang memadai, selain itu dalam implementasi tersebut juga memiliki faktor penghambatan di antaranya kurangnya kesiapan guru, sarana dan prasarana yang kurang memadai, serta kurang nya kompetensi dari siswa. Kata Kunci: kurikulum merdeka, kepemimpinan kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Arya, Alpajriaryaalfajri59@gmail.com
Nuzuar, Nuzuarnuzuar63@gmail.com
Idris, Muhammadmuhammadidris@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 10 Sep 2025 07:50
Last Modified: 10 Sep 2025 07:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9298

Actions (login required)

View Item View Item