Efektivitas Penggunaan Cromebook dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V ( Lima ) di SD Negeri 11 Kepahiang

Dwi Putri, Zeli and Asha, Lukman and Hartati, Meri (2025) Efektivitas Penggunaan Cromebook dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V ( Lima ) di SD Negeri 11 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ZELI DWI PUTRI Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ZELI DWI PUTRI, NIM. 20591220 “Efektivitas Penggunaan Chromebook Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran PKN di kelas V SD 11 Kepahiang)”, Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Berdasarkan observasi awal pembelajaran di kelas V cenderung menggunakan metode yang monoton sehingga siswa kurang bertanya dalam proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar siswa pun bisa dikarenakan oleh pembelajaran yang kurang efektif dan membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan awal pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian untuk mengetahui efektivitas penggunaan chromebook dan untuk mengetahui perbedaan nilai rata-rata yang signifikan di kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas V di SD Negeri 11 Kepahiang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi experimental design. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, dan tes, dengan sampel penelitian siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol di SD Negeri 11 Kepahiang tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 42 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis, uji N-Gain dan uji-t dengan bantuan aplikasi Statistical Package For Sosial Sciences (SPSS) versi 26. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat efektivitas chromebook dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari hasil uji N-Gain bahwa pada kelas V A (eksperimen) yang menggunakan chromebook mendapatkan nilai rata-rata yaitu 57,47 yang dikategorikan cukup efektif, sedangkan pada kelas V B (kontrol) yang menggunakan metode konvensional rata-ratanya 45,22 yang dikategorikan tidak efektif. Kemudian dapat disimpulkan juga bahwa terdapat perbedaan nilai rata- rata yang signifikan terhadap penggunaan chromebook di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: Hasil Belajar,Chromebook, Efektif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Dwi Putri, Zelizelidwiputri437@gmail.com
Asha, Lukmanlukman.asha@iaincurup.ac.id
Hartati, Merimerryhartati8055@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:35
Last Modified: 11 Sep 2025 02:35
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9295

Actions (login required)

View Item View Item