Pengaruh Media Pembelajaran Bongkar Pasang Simbol Pancasila(Bpsp) terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus Mata Pelajaran Pancasila Kelas III SDN 61 Rejang Lebong)

Reta Susanti, Mega and Gunawan, Guntur and Putrajaya, Guntur (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Bongkar Pasang Simbol Pancasila(Bpsp) terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus Mata Pelajaran Pancasila Kelas III SDN 61 Rejang Lebong). Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI MEGA RETA SUSANTI .pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK MEGA RETA SUSANTI, NIM 21591123 “Pengaruh Media Pembelajaran Bongkar Pasang Simbol Pancasila (BPSP) Terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus Mata Pelajaran Pancasila Kelas III SDN 61 RL)”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Untuk mengetahui hasil belajar sebelum menggunkan Media Bongkar Pasang Simbol Pancasila (BPSP) di kelas III SDN 61 Rejang lebong; 2) Untuk mengetahui hasil belajar sesudah menggunkan Media Bongkar Pasang Simbol Pancasila (BPSP) di kelas III SDN 61 Rejang lebong; 3) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran bongkar pasang simbol Pancasila (BPSP) terhadap hasil belajar Pancasila kelas III SDN 61 Rejang lebong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif Pre-Eksperimen, desain One Group Pretest Posttest. Populasi terdiri dari 27 siswa kelas III SDN 61 Rejang Lebong, dengan teknik sampel jenuh. Kelas III (27 Siswa) sebagai Pre-Eksperimen menggunakan media Bongkar Pasang Simbol Pancasila (BPSP). Pretest dan Posttest dilakukan di satu kelas. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, kemudian dilakuakn uji normalitas dilanjutkan dengan Hipotesis, dan Uji paired sampel t test. Hasil Penelitian menunjukan bahwa; 1) Hasil belajar pancasila dalam menggunakan media bongkar pasang simbol pancasila BPSP lebih tinggi dari sebelum penggunaan; 2) Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji paired sample t-test diketahui nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak yaitu terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan media BPSP. 3) Hasil perbandingan nilai t hitung > t tabel (9.461 > 2.056), sehingga terdapat pengaruh pada penggunaan media pembelajaran media bongkar pasang simbol pancasila. Kata Kunci : Bongkar Pasang Simbol Pancasila (BPSP), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Reta Susanti, Megaretamega23@gmail.com
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Putrajaya, Gunturgunturcikaman@gmail.com
Subjects: S3 MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:40
Last Modified: 11 Sep 2025 02:40
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9291

Actions (login required)

View Item View Item