Berlian, Sutri and Rahmi Nasutiom, Aida and Mina Putra, Muksal (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Digital terhadap Peningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 134 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI SUTRI BERLIAN docx.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Sutri Berlian NIM. 21591203 " Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Digital Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SDN 134 Rejang Lebong", Skripsi pada program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup, Penelitian ini dilatar belakangi adanya hasil belajar siswa yang masih rendah karena pembelajaran yang diterapkan pada guru. Oleh karena itu peneliti menerapkan media pembelajaran ular tangga berbasis digital sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV SDN 134 Rejang Lebong, penelitian ini bertujuan; 1) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum Penggunaan Media Ular Tangga berbasis digital pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 134 Rejang Lebong ? 2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah penggunaan media ular tangga berbasis digital pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 134 Rejang Lebong ? 3) apakah terdapat pengaruh media pembelajaran ular tangga berbasis digital pada mata pelajaran bahasa indonesia di kelas IV SDN 134 Rejang Lebong. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pre eksperimental dengan jenis One Group Pretest Posttest Design Penelitian dilakukan di kelas empat , dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang.Teknik pengumpilan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, secara teknik analisis data dilakukan dilakukan dengan uji normalitas, uji hipotesis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa;1) hasil belajar sebelum menggunakan media pembelajaran ular tangga berbasis digital rata-rata sebesar 51,52 dengan skor minimum 30 dan skor maksimum 75. 2)setelah menggunakan menggunakan media pembelajaran ular tangga berbasis digital rata-rata skor minimum 70 dan skor maksimum 90. 3) hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran ular tangga berbasis digital berpengaruh terhadap terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 134 Rejang Lebong, berdasarkan Uji hipotesis Uji Paired sample t-test diketahui nilai sig. (sig.2-tailed) adalah sebesar 0,000≤0,005, maka Ho ditolak Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest-posttest yang artinya ada pengaruh media pembelajaran bahasa indonesia kelas IV SDN 134 Rejang Lebong. Kata kunci:Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Digital, Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | S3 MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2025 03:09 | ||||||||
Last Modified: | 11 Sep 2025 03:09 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |