Penguatan Nilai-Nilai Kemandirian Belajar Siswa dalam Aktivitas P5 Kurikulum Merdeka Siswa Kelas IV SDN 72 Rejang Lebong

Hartati, Sribudi and Nasutiom, Aida Rahmi and Amrillah, H.M Taufik (2025) Penguatan Nilai-Nilai Kemandirian Belajar Siswa dalam Aktivitas P5 Kurikulum Merdeka Siswa Kelas IV SDN 72 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
SKRIPSI 2025 SRIKKK CETAK FIKS.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi pembentukan karakter kemandirian belajar siswa sejak jenjang pendidikan dasar. Upaya ini dipandang penting karena kemandirian merupakan salah satu kompetensi esensial yang harus ditumbuhkan dalam diri peserta didik. Dalam konteks Kurikulum Merdeka, pembentukan kemandirian tersebut diimplementasikan melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) yang terintegrasi dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan kemandirian belajar siswa, (2) menganalisis upaya guru dalam menumbuhkan nilai-nilai kemandirian belajar, dan (3) menguraikan faktor pendukung serta penghambat dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa pada aktivitas Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka di kelas IV SDN 72 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas IV, serta siswa kelas IV SDN 72 Rejang Lebong. Data penelitian diperoleh dari sumber primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa kelas IV SDN 72 Rejang Lebong telah mulai menunjukkan sikap kemandirian seperti percaya diri, bertanggung jawab, disiplin, serta aktif dalam kegiatan pembelajaran proyek, (2) upaya guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar dilakukan melalui penerapan strategi pembelajaran kontekstual, pemberian motivasi, dan penciptaan lingkungan belajar yang kondusif, serta (3) faktor pendukung keberhasilan meliputi budaya sekolah yang kuat dan antusiasme siswa, sementara faktor penghambat mencakup ketergantungan siswa terhadap guru serta keterbatasan waktu pelaksanaan proyek. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan adanya penguatan secara berkelanjutan terhadap nilai-nilai kemandirian dalam pelaksanaan aktivitas P5 Kurikulum Merdeka pada siswa kelas IV SDN 72 Rejang Lebong. Kata kunci: Kemandirian Belajar, P5, Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hartati, Sribudisri.budiarti21012003@gmail.com
Nasutiom, Aida Rahmiaidarahminasution@iaincurup.ac.id
Amrillah, H.M Taufiktaufikamrillah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 10 Sep 2025 07:48
Last Modified: 10 Sep 2025 07:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9288

Actions (login required)

View Item View Item