Fitriyana, Deska and Zulaiha, Siti and Rahma Ningtyas, Amanah (2025) Penggunaan Media Kartu Suka ( Suku Kata ) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 01 SDN 88 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI DESKA (1).pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Deska Fitriyana, Nim. 21591074 “Penggunaan Media Kartu SUKA (Suku Kata) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa kelas 1 SDN 88 Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Madarasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih mengalami kesulitan dalam membaca, karena kurangnya pengalaman pendidikan anak usia dini sebelumnya. Kartu SUKA (Suku Kata) merupakan salah satu bentuk media visual yang tidak hanya menarik secara tampilan tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana penggunaan media Kartu SUKA (Suku Kata) dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di kelas 1 SDN 88 Rejang Lebong; 2) Mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan media Kartu SUKA (Suku Kata) dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 88 Rejang lebong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala Sekolah, Wali Kelas 1 dan Siswa Kelas 1 di SD Negeri 88 Rejsng Lebong. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa, Observasi, wawancara dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk teknik uji keabsahan data berupa Triangulasi sumber, dan Triangulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan media kartu SUKA (Suku Kata) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan bahwa siswa yang sebelumnya belum bisa melafalkan huruf, belum bisa mengeja, dan kesulitan dalam menggabungkan suku kata, misalnya “b-a”, sekarang siswa sudah bisa merangkai suku kata menjadi kata, menggabungkan suku kata seperti ‘ba’ dan ‘ca’ untuk membentuk kata ‘baca’, mampu merangkai kata-kata sederhana, dan mengenali pola-pola kata yang sering muncul tanpa harus mengejanya satu persatu. (2) Faktor pendukung penggunaan media kartu SUKA (suku kata) meliputi: dari sekolah memberikan dukungan dengan menyediakan alat sederhana, pelatihan internal, menyediakan sumber daya, buku bacaan, papan flannel, memberikan kesempatan pada siswa untuk berinteraksi, dan memudahkan siswa untuk memahami konsep dasar suku kata. Pada faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu pembelajaran, kurangnya kebiasaan membaca di rumah, minimnya pendampingan orang tua, kurangnya konsentrasi dan mudah terdistraksi saat proses pembelajaran berlangsung, Keterbatasan jumlah media kartu yang tersedia, dan kurang fleksibel. Kata Kunci : Media Kartu SUKA (Suku Kata), Membaca Permulaan
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | S3 MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 02:52 | ||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2025 02:52 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |