Oktaviana, Yovi and Rahman, Abdul and Oktori, Agus Riyan (2025) Strategi Guru dalam Menggunakan Metode Iqro dan Wafa pada Pembelajaran Tahsin di SMP IT Juara Kecamatan Curup Tengah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Yovi Oktaviana Full Text.pdf - Accepted Version Download (8MB) |
Abstract
STRATEGI GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE IQRO DAN WAFA PADA PEMBELAJARAN TAHSIN DI SMP IT JUARA KECAMATAN CURUP TENGAH YOVI OKTAVIANA NIM: 21531175 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukannya siswa kelas VII SMP IT Juara Kecamatan Curup Tengah yang belum lancar membaca Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid meskipun telah diterapkan metode Iqro dan Wafa sejak awal semester. Variasi kemampuan membaca siswa menunjukkan perlunya strategi guru dalam memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang tepat agar kualitas bacaan dan pemahaman siswa dapat meningkat secara merata. tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII SMP IT Juara Kecamatan Curup Tengah, (2) mendeskripsikan strategi guru dalam penggunaan metode Iqro dan Wafa pada pembelajaran tahsin, dan (3) mengidentifikasi faktor pendukung serta penghambat dalam penerapan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, dua guru tahsin, dan enam siswa kelas VII. Data dianalisis melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam penerapan metode Iqro dilakukan secara klasikal maupun individual dengan menggunakan buku Asy- Syafi’i untuk memperkuat dasar bacaan dan tajwid siswa. Sementara itu, metode Wafa diterapkan dengan memadukan nada Hijaz dalam pembacaan Al-Qur’an sehingga siswa lebih khusyuk, indah dalam pelafalan, serta terbantu dalam memahami hukum- hukum tajwid seperti makharijul huruf, mad, sifatul huruf, dan tanda waqaf. Faktor pendukung penerapan strategi ini antara lain kompetensi guru, pembiasaan membaca, serta lingkungan sekolah yang berbasis Islam. Adapun hambatan yang ditemui mencakup perbedaan kemampuan dasar siswa, keterbatasan waktu, keterbatasan buku penunjang, suasana pembelajaran yang kadang monoton, serta masih adanya siswa yang kurang fokus dalam melafalkan bacaan. Kata Kunci: Strategi guru, metode Iqro, metode Wafa, nada Hijaz, tajwid, tahsin, Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2025 08:54 | ||||||||
Last Modified: | 09 Sep 2025 08:54 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |