Mariansyah Putra, Tri and Zulaiha, Siti and Rahma Ningtyas, Amanah (2025) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
TRI MARIANSYAH PUTRA Fulltext.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK TRI MARIANSYAH PUTRA, NIM 21591215 “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SDIT Rabbi Radhiyyah 02 Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini di latarbelakangi oleh SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong telah mulai menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, melalui pemanfaatan asesmen diagnostik serta diferensiasi konten, proses, dan produk. Meskipun demikian, penerapannya masih berlangsung secara bertahap dan belum merata pada semua mata pelajaran, sehingga diperlukan kajian lebih mendalam untuk memahami bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi berlangsung dalam konteks nyata di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan Pancasila di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurilulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan Pancasila di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, wali kelas V, dan siswa kelas V di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga tahapan yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan atau pengecekan data di lakukan dengan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; 1) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong telah terlaksana dengan baik melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang sistematis. Guru memanfaatkan asesmen diagnostik untuk memetakan minat, bakat, dan gaya belajar siswa, lalu merancang pembelajaran dengan variasi konten, proses, dan produk, 2) Faktor pendukung pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan Pancasila di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Rejang Lebong meliputi kebijakan sekolah yang fleksibel, ketersediaan sarana-prasarana, kesiapan guru, keberagaman karakteristik siswa, serta lingkungan belajar yang kondusif. Hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan sarana teknologi, keterbatasan waktu pembelajaran, perbedaan kemampuan siswa yang cukup signifikan, dan adaptasi guru terhadap metode baru. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Pendidikan
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 01:51 | ||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2025 01:51 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9256 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |