Yusuf Fadly, Muhammad and Khudhori, Khairul Umam and Ranaswijaya, Ranaswijaya (2025) “Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Image terhadap Purchase Intention masyarakat pada Produk Bank Syariah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
FIKS SKRIPSI YUSUF NEW CETAK.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
Electronic Word of Mouth (E-WOM) merupakan penyebaran informasi atau rekomendasi mengenai suatu produk melalui media sosial dan platform digital. Sementara itu, Brand Image adalah persepsi masyarakat terhadap citra merek yang dapat mempengaruhi Purchase Intention atau niat membeli produk. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi pemasaran digital untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap produk perbankan syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Image terhadap Purchase Intention masyarakat dalam menggunakan produk bank syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kausal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 45 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, serta uji t dan uji f dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention (thitung = 1,990 < ttabel = 2,018; sig. = 0,053 > 0,05). Sebaliknya, Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention (thitung = 3,495 > ttabel = 2,018; sig. = 0,001 < 0,05). Secara simultan, Electronic Word of Mouth dan Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention masyarakat pada produk bank syariah (Fhitung = 16,488 > Ftabel = 3,22; sig. = 0,00 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Electronic Word of Mouth, Brand Image, Purchase Intention | ||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions Q Science > Q Science (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 01:40 | ||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2025 01:40 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9238 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |