Peran Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar dan Implikasinya pada Kemandirian Siswa di Man Rejang Lebong

Aditio, Arif and Baryanto, Baryanto and Idris, Muhammad (2025) Peran Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar dan Implikasinya pada Kemandirian Siswa di Man Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Arif Aditio Full Text.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Arif Aditio, NIM 21561007. Penelitian ini berjudul “Peran Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar dan Implikasinya pada Kemandirian Siswa di MAN Rejang Lebong”. Kurikulum Merdeka Belajar menuntut peran aktif guru dalam mengelola pembelajaran agar tujuan utama, yaitu terciptanya kemandirian siswa, dapat tercapai. MAN Rejang Lebong telah menerapkan kurikulum ini pada kelas X dan XI selama lima tahun, namun implementasinya masih menghadapi kendala berupa keterbatasan sarana digital, akses internet, serta sebagian guru berusia lanjut yang kesulitan beradaptasi dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan mengkaji peran guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, implikasinya terhadap kemandirian siswa, serta kendala yang dihadapi guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, guru, dan siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum mencakup tiga aspek. Pertama, perencanaan, melalui pelatihan, workshop, kolaborasi antar guru, serta penyediaan sarana pembelajaran. Kedua, implikasi, berupa peningkatan kemandirian siswa yang terlihat dari keberanian berpendapat, aktif berdiskusi, menyelesaikan tugas mandiri, inisiatif mencari sumber belajar, kreativitas, kepedulian sosial, dan semangat kebangsaan. Guru berperan sebagai pendamping yang menciptakan suasana belajar nyaman, menumbuhkan tanggung jawab, serta membentuk karakter tangguh. Ketiga, kendala, meliputi adaptasi guru dan siswa terhadap metode baru, keterbatasan sarana-prasarana, manajemen kelas besar, serta kurangnya variasi metode pembelajaran. Kata Kunci: Peran Guru, Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Kemandirian Siswa, MAN Rejang Lebong

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Aditio, Arifarifaditio343@gmail.com
Baryanto, Baryantobaryanto@iaincurup.ac.id
Idris, Muhammadmuhammadidris@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 09 Sep 2025 05:01
Last Modified: 09 Sep 2025 05:01
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9228

Actions (login required)

View Item View Item