Pengaruh Pelayanan dan Kualitas Produk yang Menggunakan Akad Wadi’ah terhadap Loyalitas Nasabah Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Pat Sepakat

Efriyanti, Lia and Elkhairati, Elkhairati and Fitmawati, Fitmawati (2019) Pengaruh Pelayanan dan Kualitas Produk yang Menggunakan Akad Wadi’ah terhadap Loyalitas Nasabah Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Pat Sepakat. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK YANG MENGGUNAKAN AKAD WADI’AH TERHADAP LOYALITAS NASABAH BAITUL MAAL WAT TAMWIL (B~1.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Saat ini, perusahaan pasti tentunya tidak terlepas dari ketatnya persaingan terutama bagi BMT Pat Sepakat yang merupakan lembaga keuangan mikro syari’ah yang terus berkembang di kalangan masyarakat. Sehingga, dalam menanggapi situasi tersebut salah satu upaya yang dilakukan BMT Pat Sepakat adalah dengan menumbuhkan sikap loyalitas nasabah baik itu dari segi pelayanan maupun kualitas produk. Masalah utama yang diangkat pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap loyalitas nasabah, pengaruh kualitas produk wadi’ah terhadap loyalitas nasabah dan pengaruh secara simultan antara pelayanan dan kualitas produk yang menggunakan akad wadi’ah terhadap loyalitas nasabah BMT Pat Sepakat.Jenis penelitian ini yakni penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka. Penelitian ini dikumpulkan setelah penyebaran koesioner yakni mengelola data berupa angka kemudian dideskripsikan dan menyimpulkan hasil data tersebut. Tingkat signifikansi yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 5%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan variabel pelayanan terhadap loyalitas nasabah BMT Pat Sepakat dengan nilai thitung (2.272)>ttabel (2.06390) dan nilai sig 0.032< 5%. (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan kualitas produk wadi’ah terhadap loyalitas nasabah BMT Pat Sepakat nilai thitung (0.868)< ttabel (2.06390) dan nilai sig 0.394>5%. (3) terdapat pengaruh secara simultan antara variabel pelayanan dan kualitas produk wadi’ahterhadap loyalitas nasabah BMT Pat Sepakat dengan memperoleh hasil nilai Fhitung (9.515)>Ftabel (3.39) dengan taraf signifikansi 0.001<5% dan berdasarkan uji determinasi 44,2% loyalitas nasabah dipengaruhi oleh pelayanan dan kualitas produk wadi’ah sedangkan 55,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak digunakan oleh penulis dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Efriyanti, LiaUNSPECIFIED
Elkhairati, ElkhairatiUNSPECIFIED
Fitmawati, FitmawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Kualitas Produk, Wadi’ah, Loyalitas Nasabah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:15
Last Modified: 20 Feb 2023 09:15
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/922

Actions (login required)

View Item View Item