Minat Belajar Siswa dan Upaya Guru BK Untuk Menumbuhkannya di SMKS 6 Pertiwi Curup

Barokah, Juliana and Sutarto, Sutarto and Rizal, Syamsul (2025) Minat Belajar Siswa dan Upaya Guru BK Untuk Menumbuhkannya di SMKS 6 Pertiwi Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
bismillah Skripi Gogle Juliana Barokah 21641010.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

Fenomena yang terjadi di SMKS 6 Pertiwi Curup menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada pembelajaran teori masih rendah dibandingkan dengan pembelajaran praktik. Hal ini tampak dari kecenderungan siswa lebih disiplin hadir, lebih antusias, serta lebih aktif dalam kegiatan praktik, sementara dalam pembelajaran teori banyak siswa yang kurang fokus, mudah bosan, dan cenderung pasif. Kondisi ini dikhawatirkan dapat memengaruhi capaian akademik siswa dan berdampak pada kesiapan mereka menghadapi dunia kerja maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Dalam konteks tersebut, guru Bimbingan dan Konseling (BK) memiliki peran penting untuk membantu menumbuhkan minat belajar siswa melalui berbagai layanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk minat belajar siswa serta upaya guru BK dalam menumbuhkannya di SMKS 6 Pertiwi Curup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan penelitian terdiri dari guru BK, wali kelas, dan lima siswa, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa lebih tinggi pada pembelajaran praktik, sedangkan minat belajar teori relatif rendah, meskipun sebagian kecil siswa tetap memiliki minat pada teori karena tujuan masa depan yang jelas. Upaya guru BK dalam menumbuhkan minat belajar dilakukan melalui analisis kebutuhan, perencanaan layanan, pelaksanaan, dan evaluasi. Bentuk layanan meliputi layanan informasi, konseling individual, konseling kelompok, bimbingan kelompok, serta kolaborasi dengan wali kelas dan guru mata pelajaran. Guru BK juga memberikan motivasi dan apresiasi sederhana. Hasilnya, Sebagian siswa mulai menunjukkan peningkatan minat belajar, khususnya pada pembelajaran teori. Kata kunci: Minat Belajar, Guru BK, Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Barokah, Julianajulianabarokah211@gmail.com
Sutarto, Sutartosutarto@iaincurup.ac.id
Rizal, Syamsulsyamsulrizal529@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:03
Last Modified: 09 Sep 2025 02:03
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9193

Actions (login required)

View Item View Item