Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMPN 1 Merigi

Asrika, Amanda and Mustar, Saidil and Maharani, Mega Silvi (2025) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMPN 1 Merigi. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
Amanda Asrika (21531004) Skripsi.pdf - Accepted Version

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi strategi pembelajaran kontesktual, untuk mengetahui perbedaan dalam hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan strategi pembelajaran kontekstual, dan mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMPN 1 Merigi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fakta dilapangan terdapat 30% hasil belajar siswa masih rendah atau dibawah KKM dan 70% hasil belajar siswa berada di KKM, hal ini dipengaruhi oleh strategi pembelajaran konvensional, siswa pasif, kurangnya pemanfaatan media. Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menawarkan strategi pembelajaran kontekstual yang menyatakan bahwa pembelajaran yang berpusat pada keaktifan siswa dan penyajian contoh nyata. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Eksperimental dengan rancangan One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan cara menjadikan semua populasi menjadi sampel (sampling jenuh) yang berjumlah 46 siswa di kelas VIII SMPN 1 Merigi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon signed rank dan uji spearman rho. Simpulan dari penelitian ini yaitu: Pertama, strategi pembelajaran kontesktual sangat baik, dengan perolehan kategori sangat baik sebanyak 27 siswa (59%). Hal ini juga sesuai dengan hasil skor rata-rata pretest sebesar 72.565 dengan kategori baik dan skor rata-rata posttest sebesar 83.043 termasuk dalam ketegori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kontekstual adalah baik dapat diterima. Kedua, Dengan nilai thitung = 5,935 dan Nilai signifikansi 0.000 (<0.05) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara posttest dan pretest hasil belajar pada kelompok ini signifikan secara statistik. Ketiga, dengan koefisien korelasi spearman rho sebesar 0.435, dengan nilai signifikansi 0.001(<0.0). Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Strategi Pemebelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa. Dengan nilai Koefisien determinasi sebesar 18.92% angka ini menjelaskan terdapat kekuatan pengaruh yang sedang antara variabel X dan Y dan sisanya 81.08% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Kontesktual, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Asrika, Amandacrpamanda394@gmail.com
Mustar, Saidilsaidilmustar@iaincurup.co.id
Maharani, Mega Silvimegaselvimaharani@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:25
Last Modified: 09 Sep 2025 02:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9192

Actions (login required)

View Item View Item