Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Inquiry Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pai di SMAN 2 Rejang Lebong

Celsah, Celsah and Mustar, Saidil and Maharani, Mega Silvi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Inquiry Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pai di SMAN 2 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
skripsi_chelsah1-5_(2)[1][1] (Recovered).pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dan Inquiry Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 2 Rejang Lebong. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kenyataan di lapangan bahwa motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI masih tergolong rendah, yang dipengaruhi oleh kurangnya variasi model pembelajaran serta dominasi metode konvensional yang bersifat pasif dan satu arah. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menawarkan pendekatan inovatif melalui model Discovery Learning dan Inquiry Learning yang berpusat pada keaktifan dan kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 2 Rejang Lebong, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar, yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda untuk melihat pengaruh masing-masing variabel bebas (Discovery Learning dan Inquiry Learning) terhadap variabel terikat (motivasi belajar siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi 0,003 (< 0,05). Demikian pula, model Inquiry Learning juga menunjukkan pengaruh yang signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05). Secara simultan, kedua model pembelajaran tersebut memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,607 atau sebesar 60,7%. Ini berarti bahwa kedua model pembelajaran ini berperan besar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran PAI. Kata Kunci: Discovery Learning, Inquiry Learning, Motivasi Belaja

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Celsah, Celsahchelsahdawiyah211@gmail.com
Mustar, Saidilsaidilmustar@iaincurup.co.id
Maharani, Mega Silvimegaselvimaharani@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:15
Last Modified: 09 Sep 2025 04:15
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9187

Actions (login required)

View Item View Item