Silvana, Shella and Mustar, Saidil and Maharani, Mega Selvi (2025) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dan Implikasinya Terhadap Keterampilan Kerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 03 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
|
Text
Fulltext.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan menuntut keterlibatan aktif siswa tidak hanya dalam pemahaman materi, tetapi juga dalam pengembangan keterampilan sosial seperti kerjasama. Namun, hasil observasi di SMP Negeri 03 Rejang Lebong menunjukkan bahwa sebelum inovasi pembelajaran, siswa cenderung pasif dan kurang berinteraksi. Untuk mengatasi hal tersebut, guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament yang menggabungkan diskusi kelompok, permainan, dan turnamen guna meningkatkan motivasi belajar sekaligus keterampilan kerjasama siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dan implikasinya terhadap keterampilan kerja sama siswa di SMP Negeri 03 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Desain penelitian yang di gunakan fenomenologi dan field research. Subjek penelitian ini terdiri dari guru Pendidikan Agama Islam, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, serta 3 orang siswa kelas VIII A. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Untuk keabsaan data dilakukan dengan cara trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament telah dilaksanakan dengan baik melalui tahapan penyajian kelas, pembentukan kelompok, pelaksanaan games dan turnament, serta pemberian penghargaan. Model ini mampu mengembangkan keterampilan kerja sama siswa yang terlihat dari beberapa indikator, antara lain: saling ketergantungan positif, tanggung jawab individu, komunikasi kelompok, dan sikap saling menghargai. Siswa menjadi lebih aktif dalam berdiskusi, bertanggung jawab terhadap peran masing-masing, serta mampu membangun interaksi sosial yang positif dalam kelompok. Dengan demikian, implementasi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament memberikan implikasi terhadap pengembangan keterampilan kerjasama siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, Keterampilan Kerjasama.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
| Date Deposited: | 09 Sep 2025 03:40 | ||||||||
| Last Modified: | 09 Sep 2025 03:40 | ||||||||
| URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9175 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
