Strategi Pembina Pramuka dalam Pembentukan Karakter Religius dada Siswa SMAN Purwodadi Kabupaten Musi Rawas

Hermawan, Deni and Murniyanto, Murniyanto and Amin, Muhammad (2020) Strategi Pembina Pramuka dalam Pembentukan Karakter Religius dada Siswa SMAN Purwodadi Kabupaten Musi Rawas. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
STRATEGI PEMBINA PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA SMA N PURWODADI KABUPATEN MUSI RAWAS .pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena pendidikan karakter yang saat ini terjadi. Masih banyak para siswa yang mengabaikan pentingnya pendidikan karakter terutama karakter religius Kurangnya perhatian terhadap pendidikan karakter tersebut ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa kesuksesan dalam menanamkan karakter juga merupakan salah satu kunci untuk mensukseskan pendidikan nasional. Sehingga mutu lulusan yang dihasilkan juga belum sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Dimana lulusan saat ini cenderung bersifat pragmatis, sekuler, materialistil, hedonistil, rasionalisti, yaitu manusia yang cerdas secara intelektual dan fisiknya namum kering dari spiritual dan kurang memiliki kecerdasan emosional, oleh karena itu melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka maka karakter siswa akan terbentuk terutama karakter religius. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk; (1) Untuk mendeskripsikan gambaran karakter religius siswa pramuka, (2) Untuk mendeskripsikan strategi Pembina pramuka dalam pembentukan karakter religius siswa pramuka, dan (3) Untuk mendeskripsikan hambatan Pembina pramuka dalama menerapkan strategi pembentukan karakter religius siswa pramuka. Penelitian ini menggunakan metode desrkiptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek dan sumber data penilitian ini adalah Pembina pramuka dan siswa pramuka di SMAN Purwodadi. Tekhnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahapan penelitian ini meliputi tahap pra lapangan, pekerjaan lapangan, dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi pembina pramuka dalam pembentukan karakter religius siswa di SMA N Purwodadi adalah Pertama, strategi pembelajaran langsung dalam hal ini pembina pramuka melaksanakan kegiatan pramuka dan melaksanakan kegiatan persami. Kedua, strategi pembelajaran tidak langsung yang diterapkan pembina pramuka adalah dengan mengikut sertakan siswa pramuka dalam kegiatan perlombaan. Ketiga strategi pembelajaran interaktif yang dilakukan oleh pembina pramuka adalah dengan membentuk kelompok. Hambatan yang ditemui Pembina pramuka adalah masalah waktu dan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hermawan, DeniUNSPECIFIED
Murniyanto, MurniyantoUNSPECIFIED
Amin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi Pembina pramuka, Karakter Religius
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:14
Last Modified: 20 Feb 2023 09:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/917

Actions (login required)

View Item View Item