Novita Sari, Lidia and Rizal, Syamsul and Sumarto, Sumarto (2025) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kemampuan Mengelola Emosi Siswa di SMK Quran Darul Ma’arif Nu Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Lidya Fulltext.pdf - Accepted Version Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Lidia Nopita Sari NIM. 21641011 “Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengelola Emosi Siswa Di SMKQ Darul Ma’arif Nu Rejang Lebong”. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam Kemampuan mengelola emosi merupakan aspek penting dalam perkembangan pribadi dan sosial siswa, terutama pada masa remaja yang penuh tantangan. Regulasi emosi membantu individu dalam mengatur perasaan dan respon terhadap tekanan, serta berpengaruh pada keberhasilan akademik, hubungan sosial dan kesehatan mental. Fenomena bahwa remaja memiliki dua jenis emosi, yaitu emosi positif dan negatif, yang apabila tidak diarahkan dengan baik dapat menimbulkan permasalahan dalam proses belajar maupun hubungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kemampuan mengelola emosi siswa di SMKQ Darul Ma’arif Nu Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas guru bimbingan dan konseling, eali kelas dan peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan mengelola emosi siswa melalui layanan konseling individu, bimbingan kelompok, serta kegiatan pengembangan diri. Upaya tersebut membantu siswa menyalurkan emosi negatif secara wajar dan mengembangkan emosi positif untuk mendukung keberhasilan belajar dan interaksi sosial. Dengan demikian, peran guru bimbingan dan konseling terbukti signifikan dalam mendukung perkembangan emosional peserta didik di sekolah. Kata kunci: peran guru BK, pengelolaan emosi, peserta didik
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2025 08:08 | ||||||||
Last Modified: | 04 Sep 2025 08:08 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9164 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |