Implementasi Penilaian Formatif Siswa pada Kurikulum Merdeka di Kelas V SD Negeri 22 Rejang Lebong

Yulianitami, Ayu and Baryanto, Baryanto and Deriwanto, Deriwanto (2025) Implementasi Penilaian Formatif Siswa pada Kurikulum Merdeka di Kelas V SD Negeri 22 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Ayu Yulianitami Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK AYU YULIANITAMI, NIM 19591027 “Implementasi Penilaian Formatif Siswa Pada Kurikulum Merdeka Di Kelas V SD Negeri 22 Rejang Lebong”, Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan untuk memahami secara praktis implementasi penilaian formatif dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar, khususnya di SD Negeri 22 Rejang Lebong yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Untum mengetahui penerapan penilaian formatif dalam Kurikulum Merdeka di kelas V SD Negeri 22Rejang Lebong; 2) Untuk menganalisis tantangan yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam penerapan penilaian formatif di kelas V SD negeri 22 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada guru dan siswa kelas V. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ini berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode, triangulasi teknik, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Penilaian formatif di kelas V SD Negeri 22 Rejang Lebong dilaksanakan secara berkelanjutan selama proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode, seperti pertanyaan lisan, diskusi kelompok kecil, kuis sederhana, dan tugas harian. Hal ini memungkinkan guru untuk memantau perkembangan pemahaman siswa secara langsung dan memberikan umpan balik yang tepat waktu; 2) Tantang utama yang dihadapi guru adalah keterbatasan waktu yang tesredia untuk melakukan penilaian menyeluruh, keterbatan sumber data yang mendukung proses penilaian, serta kurangnya pemahaman tentang penilaian formatif oleh beberapa guru. Siswa juga mengalami kebingungan dalam menghadapi bentuk penilaian yang berbeda. Kata Kunci : Penilaian Formatif, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yulianitami, Ayuayuyulianitami15@gmail.com
Baryanto, Baryantobaryanto@iaincurup.ac.id
Deriwanto, Deriwantoderiwanto@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 04 Sep 2025 04:39
Last Modified: 04 Sep 2025 04:39
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9155

Actions (login required)

View Item View Item