Aftarika, Meisy and Wahyudi, Edi and Maharani, Mega Silvi (2025) Perbedaan Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 88 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
fulltext.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V SD Negeri 88 Rejang Lebong, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas V SDN 88 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode survei. Teknik sampling menggunakan sampling jenuh/sensus artinya Sampel penelitian merupakan keseluruhan siwa kelas 5 sebanyak 24 orang yang telah mengikuti pembelajaran berdiferensiasi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner/angket dan dokumentasi serta teknik analisis data berupa uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji non parametrik yaitu uji Mann-Whitney dan uji Kruskal-Wallis. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney dari masing-masing variabel diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, disimpulkan bahwa Ha diterima dan hasil uji Kruskal-Wallis diperoleh nilai Asymp. Sig sebesar 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap pembelajaran berdiferensiasi dengan ketiga gaya belajar (gaya belajar visual, auditori dan kinestetik) tidak sama atau berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan belajar visual, auditori dan kinestetik memiliki persepsi yang positif terhadap pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Selain itu peserta didik juga memberikan respon positif terhadap pembelajaran berdiferensiasi dan merasa bahwa pembelajaran berdiferensiasi ini dapat membantu siswa memahami materi pelajaran dengan lebih baik. Sehingga disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi alternatif pembelajaran yang efektif sebagai strategi dalam pembelajaran bahasa indonesia kelas V SD N 88 Rejang Lebong. Kata Kunci : Persepsi, Pembelajaran Berdiferensiasi, gaya belajar, Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2025 07:40 | ||||||||
Last Modified: | 04 Sep 2025 07:40 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9145 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |