Pengaruh Media Kincir Angka terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 112 Rejang Lebong

Rezeki, Fitri and Arbani Wahyuningsih, Wiwin and Rahmadeni, Fevi (2025) Pengaruh Media Kincir Angka terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 112 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fitri Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dari permasalahan rendahnya minat belajar matematika siswa kelas III SDN 112 Rejang Lebong yang disebabkan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang variatif dan menarik. Penelitian ini bertujuan yaitu: 1) untuk mendeskripsikan perbedaan minat belajar matematika siswa sebelum dan sesudah diterapkannya media kincir angka, 2) untuk mengetahui pengaruh media kincir angka terhadap minat belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 112 Rejang Lebong. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan pre-eksperimental jenis One Group Pre-Test Post-Test Design. Subjek penelitian terdiri atas 20 siswa kelas III B. Instrumen utama dalam pengumpulan data adalah angket minat belajar yang mencakup empat indikator utama, yaitu perasaan senang, perhatian, ketertarikan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Data hasil pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji paired sample T-Test untuk mengetahui adanya perbedaan serta pengaruh penerapan media kincir angka terhadap minat belajar siswa. Temuan penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan minat belajar matematika siswa sebelum dan sesudah penggunaan media kincir angka. Rata-rata nilai pre-test sebesar 53,30 meningkat menjadi 88,15 pada post-test, serta terdapat pengaruh yang positif pada peningkatan minat belajar setelah diterapkannya media kincir angka. Hal ini dibuktikan melalui hasil analisis Paired Sample T-test dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada minat belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian media kincir angka terbukti berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas III SDN 112 Rejang Lebong. Kata Kunci: Media Kincir Angka, Minat Belajar, Matematika, Siswa SD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rezeki, Fitrifrezeki717@gmail.com
Arbani Wahyuningsih, Wiwinwiwinarbaniw@iaincurup.ac.id
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 04 Sep 2025 03:29
Last Modified: 04 Sep 2025 03:29
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9138

Actions (login required)

View Item View Item