Implementasi Penilaian Autentik dalam Menilai Kemampuan Siswa pada Pelajaran Matematika di Min 14 Talang Ulu

Ana, Mike and Arbani, Wiwin and Rahmadeni, Fevi (2025) Implementasi Penilaian Autentik dalam Menilai Kemampuan Siswa pada Pelajaran Matematika di Min 14 Talang Ulu. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI Mike Ana 21591133.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK MIKE ANA, NIM. 21591133, “Implementasi Penilaian Autentik Dalam Menilai Kemampuan Siswa Pada Pelajaran Matematika Di Mim 14 Talang Ulu” ,Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan penilaian autentik dalam pembelajaran matematika untuk menilai kemampuan siswa secara menyeluruh meskipun masih terdapat berbagai kendala dan belum sesuai dengan kaidah autentik dalam pelaksanaannya di MIM 14 Talang Ulu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran matematika serta bagaimana implementasinya dalam menilai kemampuan siswa di MIM 14 Talang Ulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan menggambarkan secara mendalam pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran matematika di MIM 14 Talang Ulu. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III serta IV, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran matematika di MIM 14 Talang Ulu telah dilaksanakan dengan cukup baik karena mampu menilai aspek kognitif, afektif, dan psikomotor secara menyeluruh serta memberikan gambaran komprehensif tentang kemampuan siswa. Namun, pelaksanaannya masih menghadapi kendala, terutama banyaknya aspek yang harus dinilai, keterbatasan waktu, sarana yang kurang memadai, serta keterampilan guru dalam menyusun instrumen dan menggunakan teknologi yang masih terbatas. Kata Kunci : Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ana, Mikemikeana101010@gmail.com
Arbani, Wiwinwiwinarbaniw@iaincurup.ac.id
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 04 Sep 2025 02:52
Last Modified: 04 Sep 2025 03:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9136

Actions (login required)

View Item View Item