Pengembangan Media Pembelajaran Kaganga Kearifan Lokal Rejang Lebong Berbasis Aplikasi Canva Kelas IV SDN 32 Rejang Lebong

Rahmawati, Lidia and Gunawan, Guntur and Putrajaya, Guntur (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Kaganga Kearifan Lokal Rejang Lebong Berbasis Aplikasi Canva Kelas IV SDN 32 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
Skripsi Lidia Rahmawati (21591114).pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Lidia Rahmawati (21591114): “Pengembangan Media Pembelajaran Kaganga Kearifan Lokal Rejang Lebong Berbasis Aplikasi Canva Kelas IV SDN 32 Rejang Lebong” Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru dan siswa serta merancang media pembelajaran yang mengangkat kearifan lokal aksara Kaganga Rejang Lebong berbasis aplikasi Canva. Validasi media dilakukan oleh para ahli materi, ahli media, dan ahli Bahasa dinyatakan valid serta uji coba terbatas untuk memperoleh tanggapan siswa terhadap media tersebut. Materi yang disajikan meliputi pengenalan aksara Kaganga dan penggunaan lebih dari satu tanda baca. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Namun, penelitian ini dibatasi pada tiga tahap awal, yaitu analysis, design, dan development. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, serta penyebaran angket kepada responden dalam bentuk daftar periksa. Instrumen angket digunakan untuk menggali kebutuhan guru dan siswa, menilai kelayakan ahli materi,media dan Bahasa, serta mengetahui respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa sangat membutuhkan media pembelajaran yang mengintegrasikan kearifan lokal Rejang Lebong berbasis aplikasi Canva. Pengembangan media menggunakan model ADDIE dengan tiga tahapan utama yaitu analisis, desain, dan development. validasi ahli materi, media, dan bahasa menunjukkan bahwa media pembelajaran tergolong sangat layak untuk digunakan, dengan rata-rata persentase berturut-turut di atas 90%, 96%, dan 94%. Respon siswa terhadap media ini juga sangat positif, dengan skor 95,2% pada materi aksara Kaganga. Kata Kunci: Media pembelajaran, Canva, Aksara Kaganga, Kearifan Lokal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rahmawati, Lidialidiarahmawati72@gmail.com
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Putrajaya, Gunturgunturcikaman@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 04 Sep 2025 02:41
Last Modified: 04 Sep 2025 02:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9132

Actions (login required)

View Item View Item