Implementasi Asesmen Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Rejang Lebong pada Kurikulum Merdeka

Puspita, Yepa and Sutarto, Sutarto and Rizal, Syamsul (2025) Implementasi Asesmen Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Rejang Lebong pada Kurikulum Merdeka. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI YEPA PUSPITA NIM 21531172 (1).pdf

Download (5MB)

Abstract

IMPLEMENTASI ASESMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 4 REJANG LEBONG PADA KURIKULUM MERDEKA Yepa Puspita NIM: 21531172 Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Rejang Lebong dengan latar belakang tentang implementasi asesmen profil pelajar pancasilla khususnya dalam pembelajaran PAI, tidak selalu berjalan secara ideal di lapangan. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain keterbatasan waktu, serta minimnya fasilitas pendukung seperti buku cetak hal ini sangat di perlukan strategi guru dalam merapkan asesmen profil pelajar pancasila.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana guru Pendidikan Agama Islam (PAI) merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi asesmen yang berkaitan dengan Profil Pelajar Pancasila, termasuk indikator yang digunakan, jenis asesmen yang diterapkan, cara implementasinya dalam kegiatan pembelajaran, serta bagaimana hasil dari asesmen tersebut mencerminkan pencapaian nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif wawancara, dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, dilakukan triangulasi sumber dengan membandingkan informasi dari guru PAI dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menerapkan asesmen Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan agama islam di terapkan secara sistematis, kontekstual, dan tematik dimulai dari perencanaan indikator yang mencakup enam dimensi utama (iman, gotong royong, kritis, kreatif, mandiri, global, dan akhlak mulia), melaksanakan asesmen melalui berbagai metode seperti observasi langsung, portofolio, serta pendekatan interaktif, dan mengevaluasi hasil asesmen menggunakan kombinasi instrumen kognitif dan afektif. Asesmen ini tidak hanya mengukur pengetahuan, tetapi juga menumbuhkan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, religiusitas, dan kerja sama. Meskipun terdapat tantangan seperti rendahnya partisipasi siswa, keterbatasan media, dan instrumen formal yang belum optimal, pelaksanaan asesmen ini tetap mencerminkan prinsip Kurikulum Merdeka dalam menciptakan pembelajaran PAI yang bermakna, adil, dan berfokus pada pembentukan karakter. Kata Kunci: Asesmen, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Puspita, Yepayepapuspita23@gmail.com
Sutarto, Sutartosutarto@iaincurup.ac.id
Rizal, Syamsulsyamsulrizal529@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 10 Sep 2025 03:41
Last Modified: 10 Sep 2025 03:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9098

Actions (login required)

View Item View Item