Pengaruh Model Pembelajaran Quick On The Draw Berbantuan Kartu Kuartet Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas V di SDN Trasabandep

Mutmainah, Siti and Gunawan, Guntur and Meldina, Tika (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Quick On The Draw Berbantuan Kartu Kuartet Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas V di SDN Trasabandep. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
siti mutmainah.pdf

Download (6MB)
[img] Text
siti mutmainah.pdf

Download (6MB)
[img] Text
siti mutmainah.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V SDN Trasabandep, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Quick on the Draw berbantuan kartu kuartet pada pembelajaran IPAS kelas V di SDN Transabandep, dan (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Quick on the Draw berbantuan kartu kuartet terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V di SDN Transabandep. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran IPAS yang ditunjukkan dengan kurangnya partisipasi, perhatian, dan antusiasme siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari 27 siswa kelas VB yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket minat belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar siswa setelah diberikan perlakuan model pembelajaran Quick on the Draw berbantuan kartu kuartet, yang dibuktikan melalui Analisis Deskritif dan uji paired sample t-test dengan hasil signifikan (< 0,05). Hasil penelitian menunjukkan 1). Minat belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Quick on the Draw berbantuan kartu kuartet tergolong rendah, ditandai dengan partisipasi siswa yang minim, kurangnya perhatian terhadap materi, dan sikap pasif selama proses pembelajaran sehingga mendapatkan nilai rata-rata skor 2,88 dengan Tingkat capaian responden 57,6% dengan kategori cukup. Setelah perlakuan, rata-rata skor posttest meningkat menjadi 3,65 dengan TCR sebesar 73,0%, tergolong dalam kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quick On The Draw berbantuan kartu kuartet memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di SDN Trasabandep. 2) Berdasarkan analisis data menggunakan paired sample t-test, diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka H_0 ditolak dan H_i diterima, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Quick on the Draw berbantuan kartu kuartet berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas V SDN Transabandep.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mutmainah, Sitisitimutmainah0902@gmail.com
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Quick on the Draw, Kartu Kuartet, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:12
Last Modified: 01 Sep 2025 07:12
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9061

Actions (login required)

View Item View Item