Lillyanti, Vanny and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Yulizah, Yosi (2025) Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iii di Sdn 18 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
Skripsi Vanny Lilyanti .pdf - Accepted Version Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK VANNY LILYANTI, NIM. 21591223, “Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di SDN 18 Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas III SDN 18 Rejang Lebong yang belum maksimal, Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pembelajaran berdiferensiasi di kelas III SDN 18 Rejang Lebong. 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas III SDN 18 Rejang Lebong. 3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas III SDN 18 Rejang Lebong. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan desain Pre-eksperimental One Group Pretest Posttest. Penelitian dilakukan kepada kelas 3 yang berjumlah 18 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Penelitian ini menunjukkan tiga temuan utama. Pertama, penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kedua, hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 59,17 yang dikatakan cukup rendah, setelah diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi diperoleh nilai rata-rata sebear 81,94. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa. Hasil hipotesis data pretest dan posttest dengan uji-t meunjukkan nilai Sig.(2-tailed) 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), nilai t_hitung yakni 8,887 dengan N=18. Sedangkan t_tabel untuk N=18 dengan taraf signifikan α = 0,05 yakni 1,734 dengan demikian nilai t_hitung 8,887 ≥ t_tabel 1,734 maka Hal ini menunjukkan bahwa h_0 ditolak dan h_a diterima. Hal ini menyatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas III SDN 18 Rejang Lebong. Kata Kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Pancasila
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2025 04:26 | ||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2025 04:26 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |