Mayang, Kriskam and Ratnawati, Ratnawati and Mina Putra, Muksal (2025) Eksplorasi Pengalaman Guru Dalam Mengimplementasikan Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema HidupBerkelanjutan di SD Negeri 134 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
Mayang Fulltext (2).pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Kriskam Mayang, NIM. 21591111, “Eksplorasi Pengalaman Guru Dalam Mengimplementasikan Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Hidup Berkelanjutan di SDN 134 Rejang Lebong”. Model Pembelajaran Project Based Learning adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam serangkaian aktivitas yang berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Dalam model ini, peserta didik akan terlibat dalam proses merencanakan, menciptakan, dan menampilkan produk atau solusi untuk menanggulangi masalah yang ada di dunia nyata. Tujuan dari studi ini adalah untuk memahami perkembangan keterampilan proses sains dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning dengan menggunakan modul pada materi kemagnetan. Tujuan dari penggunaan modul ini adalah untuk menginspirasi peserta didik agar belajar dengan penuh semangat dan meningkatkan kreativitas mereka dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 134 Rejang Lebong, dengan subjek wawancara kepala sekolah dan guru wali kelas IV. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi dan wawancara, serta teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran project based learning dilakukan sesuai sintak model pembelajaran project based learning yaitu menentukan pertanyaan mendasar, membuat desain perencanaan proyek, menyusun jadwal, mengawasi siswa dan kemajuan proyek, menguji hasil dan mengevaluasi pengalaman. Penguatan penerapan model ini disesuaikan dengan waktu yang tersedia dan diiringi petunjuk yang jelas pada siswa terkait kegiatan yang akan dilakukan. Pemberian motivasi kepada setiap individu siswa bisa berperan aktif dalam kegiatan kelompok menjadi kunci keberhasilan penerapan model pembelajaran project based learning. Kata Kunci: Project based learning (PjBL), Pengalaman guru,
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2025 03:18 | ||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2025 03:18 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |