Pengaruh Strategi Pembelajaran Know Want Learned (KWL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B Di Sd Negeri 01 Kepahiang

Ania, Uci and Asha, Lukman and Oktori, Agus Riyan (2025) Pengaruh Strategi Pembelajaran Know Want Learned (KWL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B Di Sd Negeri 01 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
UCI ANIA Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK UCI ANIA, NIM. 21591219 “Pengaruh Strategi Pembelajaran Know Want Learned (KWL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di SD Negeri 01 Kepahiang”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Berdasarkan latar belakang dan tujuan penelitian kuantitaif. Penelitian in dilakukan pada siswa kelas III di SD Negeri 01 Kepahiang, penelitian ini memiliki tujuan untuk, 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, 2) Mengetahui pengaruh strategi pembelajaran KWL terhadap hasil belajar. Desain yang digunakan merupakan Quasi eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Data akan dikmulkan melalui observasi, tes, dokumentasi. Populasi yang digunakan berjumlah 40 siswa sama dengan jumlah sampel, sehingga menggunakan jenis sampel total sampling. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Adapun hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Perbedaan yang signifikat pada hasil belajar siswa menggunakan strategi KWL pada kelas III B SD Negeri 01 Kepahiang memperoleh nilai rata-rata posttes sebesar 80.24, sedangkan hasil belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas III A SD Negeri 01 Kepahiang memperoleh nilai rata-rata posttest 71.05. 2) Ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan strategi pembelajaran KWL pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III di SD Negeri 01 Kepahiang. Berdasarkan pada perhitungan indenpendent sampel T-test memperoleh nilai signifikasi t-test sebesar 0.006< 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran KWL dari hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri 01 kepahiang Kata Kunci :Strategi KWL, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ania, UciUciania144@gmail.com
Asha, Lukmanlukman.asha@iaincurup.ac.id
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 01 Sep 2025 02:50
Last Modified: 01 Sep 2025 02:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9032

Actions (login required)

View Item View Item