Sadea, Koriatul and Warsah, Idi and Wanto, Deri (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Berbasis Canva terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SDIT Semarak Rejang Lebong. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
tesis kori.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
Pengaruh Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Berbasis Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SDIT Semarak Rejang Lebong ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong semua orang, termasuk lembaga pendidikan, untuk beradaptasi dengan perumedia. Salah satunya adalah dalam penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan teknologi. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah masih banyak guru-guru yang belum memanfaatkan media pembelajaran dengan menggunakan teknologi dengan baik, salah satunya di SDIT Semarak Rejang Lebong. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan agama islam berbasis canva di SDIT Semarak Rejang Lebong.(2)Mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis canva di SDIT Semarak Rejang Lebong. (3) Mengetahui pengaruh media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Canva terhadap motivasi belajar siswa di SDIT Semarak Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Eksperimen. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang dilakukan untuk menjawab pertanyaan dengan menggunakan rancangan terstruktur sesuai dengan sistematika penelitian ilmiah. Hasil penelitian yang peneliti dapat adalah menunjukkan adanya peningkatan skor hasil belajar dan motivasi siswa setelah diterapkannya media pembelajaran PAI berbasis Canva. Berdasarkan analisis statistik deskriptif, nilai rata-rata pre-test adalah 65,00 dengan nilai minimum 50 dan maksimum 80. Hasil pre-test dengan rerata 62,50 meningkat menjadi 74,17 pada post-test. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa rata-rata skor motivasi belajar siswa pada tahap pre-test hanya mencapai 62,50, sedangkan pada post-test meningkat menjadi 74,17. Selisih peningkatan sebesar 11,67 poin ini menunjukkan adanya perumedia yang nyata setelah siswa mengikuti pembelajaran menggunakan Canva. Kata kunci : Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, berbasis Canva.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) | ||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 26 Aug 2025 07:32 | ||||||||
Last Modified: | 26 Aug 2025 08:31 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |