Saputri, Elsa and Nelson, Nelson and Sahib, Abdul (2025) Program Ekstrakurikuler Jum' at Bertasbih dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di Madrasah Aliyah Islamiyah Simpang Ogan Komering Ulu Selatan: dalam Tinjauan Manajemen Pendidikan Islam. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
full tekss.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
Program ekstrakurikuler Jumat Bertasbih di Madrasah Aliyah Islamiyah Simpang muncul sebagai respons terhadap kebutuhan penguatan karakter religius siswa di tengah tantangan perubahan sosial. Penelitian ini mengacu pada konsep manajemen pendidikan Islam yang menekankan pentingnya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi berbasis nilai-nilai Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi program, faktor pendukung dan penghambat, serta dampaknya terhadap pembentukan karakter religius siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus di Madrasah Aliyah Islamiyah Simpang Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Sumber data didapatkan dari kepala sekolah, guru pembina, guru, staf tata usaha, dan beberapa siswa di Madrasah Aliyah Islamiyah Simpang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data pada penelitian ini yaitu tahap pengumpulan, reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek perencanaan, program jum‘at Bertasbih disusun secara terstruktur oleh kepala madrasah bersama guru pembina dan beberapa tenaga pengajar lainnya, yang mencakup penyusunan jadwal kegiatan, rancangan acara, dan perumusan tujuan utama yaitu pembentukan karakter religius siswa. Dalam implementasinya, kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap Jumat pagi melalui serangkaian aktivitas seperti pembacaan Surah Yasin, dzikir, doa bersama, serta penyampaian kultum yang melibatkan partisipasi aktif dari para siswa. Sementara itu, dalam tahap evaluasi, program ini ditinjau secara berkala oleh pembimbing dan kepala madrasah guna mengevaluasi pencapaian, kedisiplinan peserta, dan efektivitas keseluruhan pelaksanaan kegiatan. Beberapa faktor pendukung keberhasilan program meliputi motivasi intrinsik siswa, keterlibatan aktif para guru, serta tersedianya fasilitas penunjang dari pihak madrasah. Sebaliknya, tantangan yang dihadapi termasuk kondisi cuaca yang tidak menentu, minimnya koordinasi antar pendidik, dan ketidakteraturan partisipasi siswa. Secara keseluruhan, dampak program terhadap siswa sangat signifikan, terutama dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai agama, menumbuhkan rasa percaya diri, membentuk kedisiplinan, mengasah keterampilan komunikasi, serta memperkuat karakter religius dan kemampuan sosial mereka. Kata Kunci: Program Ekstrakurikuler Jumat Bertasbih, Karakter Religius, Manajemen Pendidikan Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2025 01:35 | ||||||||
Last Modified: | 25 Aug 2025 01:35 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |